Review

Curug Malela: Niagara Kecil di Bandung Barat





Di daerah Bandung dan sekitarnya mungkin kita mengenal Curug (air terjun) Dago atau Curug Cinulang di daerah Cicalengka - Bandung Timur. Namun, di daerah Bandung Barat ada juga curug yang tidak kalah menarik, tempat wisata itu namanya Curug Malela. Curug ini terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga. Untuk mencapai lokasi wisata ini diperlukan waktu sekitar tiga jam perjalanan menggunakan mobil dari Kota Cimahi (lewat jalur Cililin).

Lingkungan yang Masih Alami
Lingkungan sekitar Curug Malela ditumbuhi pepohonan hijau sehingga membuatnya nampak asri. Keindahan alamnya berpadu dengan udara yang menyejukan. Lokasinya berada jauh dari permukiman. Anda yang akan mengunjungi lokasi wisata ini harus terlebih dahulu melewati jalur yang terjal dan berbatu. Sehabis hujan biasanya jalanan becek dan berlumpur. Inilah yang menjadi salah satu tantangan pengunjung yang haus akan kenikmatan alam. Akan tetapi, sekaligus juga menjadi pekerjaan rumah bagi pihak terkait untuk segera membenahi tempat tempat wisata potensial ini.

Saat berkunjung ke tempat ini, kita akan merasakan kesegaran air curug. Namun patut diwaspadai untuk menghindari berenang di bawah aliran air terjun karena sedikit berbahaya. Kita bisa berenang di kawasan yang tidak jauh dari air terjun dimana keadaan air lebih tenang. Begitu pula bagi Anda yang berkunjung ke sini, bawalah persediaan makan dan minuman sendiri karena di kawasan ini jarang ditemukan warung atau kios. Ya...hitung-hitung botram alias makan bersama dengan teman-teman atau keluarga. Sebagai pecinta kawasan lingkungan alami, kita pun jangan lupa untuk tidak membuang sampah bekas makanan sembarangan. Jagalah selalu kebersihan kawasan curug agar keindahannya tidak terusak oleh sampah.

Keunikan Curug Malela
Kondisi curug dengan bebatuan berundak menampilkan keunikan tersendiri bagi yang melihat. Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60-70 meter dan lebar 50 meter. Airnya sangat deras dan bila sedang beruntung, kita dapat menyaksikan ratusan monyet ekor panjang (macaca pasciscularis) minum air di bawah curug.

Air terjun Malela berasal dari hulu sungai di lereng utara Gunung Kendeng. Ke hilir, air sungai membentuk jaringan sungai Cidadap dan bermuara ke Cisokan. Curug Malela merupakan air terjun paling atas dari tujuh air terjun di sepanjang sungai. Setelah Curug Malela, Anda bisa menelusuri Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan Curug Pameungpeuk di hilirnya.

Rute Menuju Curug Malela
Anda ingin mencoba menjajal berwisata ke tempat ini? Siapkan fisik juga mental karena jalannya masih belum representatif untuk sebuah kawasan wisata. Tapi jika Anda ingin coba dengan motor trail, misalnya, silakan jajal perjalanan Anda ke tempat ini. Namun, jika Anda petualang alam sejati rasanya tidak terlalu ribet dengan tantangan kondisi alam yang ada. Yang penting Anda memang ingin menikmati keindahan alam.

Ketujuh air terjun itu hanya berjarak sekitar 2 kilometer saja. Semuanya terletak di desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.Curug Malela terletak di desa Cicadas kecamatan Rongga kabupaten Bandung Barat. Jika Anda tertarik mengunjungi tempat ini, ada beberapa rute jalan menuju lokasi ini dari Jakarta, diantaranya :

1. Jakarta – Purwakarta – Padalarang – Cililin – Gunung Halu – Cicadas.
2. Jakarta – Cianjur – Cibeber – Cicadas.
3. Jakarta – Cianjur – Rajamandala – Saguling – Cicadas

Curug Malela
Sindangjaya, Gununghalu, Bandung Barat
[lihat peta lokasi] 

Info lainnya:
- Foto-foto di Curug Malela lihat di sini
- Video lokasi Curug Malela tonton di sini
- Video kondisi jalan ke Curug Malela  tonton di sini