Review

Komunitas Pinhole Bandung




Kamera merupakan alat aktivitas fotografi. Dalam dunia fotografi, kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Bahan dasar kamera ini bisa apa saja. bisa karton, kardus, triplek, apapun asal ringan dan tipis. Bahkan kamera pun bisa dibuat dari kaleng. Inilah salah satu keunikan dari komunitas Pinhole. Untuk memotret obyek, selain mengasah kreativitas dalam merakit kamera. Material yang digunakan bisa dari apapun. Termasuk memanfaatkan bahan bekas (recyling). Hal ini pulalah yang melahirkan motto komunitas ini, yaitu "membuat bukan membeli". Dari motto ini juga Pinhole Bandung seakan ingin mengajarkan kita agar tidak hanyut dalam budaya konsumtif. Tentunya pula ada kepuasan tersendiri di dalamnya.

 Kadang untuk menciptakan kamera lubang jarum, seseorang bisa sama sekali tidak mengeluarkan rupiah untuk membuatnya.  Kreasi aneka bentuk kamera ini, bisa menghasilkan gambar yang berbeda-beda. Misalnya, pembuatan lubang jarum yang lebih dari satu, pemberian sekat sehingga menghasilkan dua gambar berbeda dalam satu kertas foto, dan banyak ide lainnya yang bisa diterapkan si pembuat. Yang penting di dalamnya tidak tembus cahaya dan bisa masuk kertas foto. Terserah dia meletakkan kertas fotonya bagaimana, melengkung, vertikal, horizontal, akan menghasilkan karya tersendiri.

Selain menonjolkan kreativitas, kegiatan merekam gambar juga sarat dengan daya imajinasi. Kita membutuhkan imajinasi karena tidak adanya viewfinder seperti yang ada di kamera biasa.  Layaknya proses akhir pada fotografi dengan menggunakan roll film, merekam gambar dengan kamera pin hole juga berakhir di kamar gelap. Seusai mengembangkan film menjadi gambar itulah akan terlihat karya utuh dari rekaman menggunakan kamera unik ini.

Komunitas Pinhole Bandung
Sekretariat: Jalan Jalaprang 41 Bandung