Review

Melepas Dahaga dengan Es Shanghai di Kawasan Dago





Kuliner Bandung dalam jenis minuman memang adaptif dalam penyajiannya. Salah satunya Anda bisa menikmati es shanghai yang berada di kawasan pasar Dago, tepat di simpang Dago (stopan). Panas terik Kota Bandung akan menyejukkan tenggorokan dengan menikmati sajian es shanghai yang ada di sana. Untuk penjual, ada banyak pedagang yang berjejer di sana. Anda tinggal memilih lokasi tukang dagang yang cocok menurut Anda. Tentunya pula Anda bisa menikmatinya dengan sajian kuliner lain yang juga banyak dijajakan di sana.

Bicara es shanghai, es yang satu ini konon memang dibuat pada zaman masa Perang Dunia II. Ketika itu, rakyat Tiongkok di bawah pimpinan Dr. Sun Yat-sen bangkit untuk mengusir penjajah. Entah bagaimana es ini bisa sampai ke Bandung. Es shanghai ini, sangat segar dan sangat cocok sebagai penghilang dahaga.  Salah satu yang dapat ditemui di kota Bandung ini adalah di Pasar Simpang Dago (antara Jalan Tubagus Ismail-Dipatiukur) pada siang hari mulai siang sampai malam. harganya pun cukup terjangkau, isinya sangat banyak, dijamin puas dan ketagihan bagi Anda penggemar es campur. 

Salah satu tempat penjual es ini adalah es shanghai Fadhillah yang terletak di Jalan Tubagus Ismail Raya no. 1 Bandung. Jika arah dari Dago atas, lurus terus kemudian belok kiri ke Tubagus. Tidak jauh dari situ di jalur kiri ada RM Pagi Sore, nah es shanghai Fadhillah tepat berada di sampingnya.

Di sini tempatnya minuman-minuman yang segar-segar. Ada es shanghai, sop buah, es duren, dan aneka jus. Adapun ss shanghai adalah minuman dari air kelapa yang dicampur susu kental, gula, es batu dan potongan kecil aneka buah-buahan. Es Shanghai Fadhillah termasuk jawaranya es shanghai di Bandung. Di sini bisa minum es di tempat karena disediakan meja dan kursi yang cukup banyak baik di dalam ruangan atau di luar. Pembeli tinggal langsung order ke pegawainya di tempat pembuatan minumannya. Di sini, jika pengunjung sedang rame harap sabar saja, apalagi saat bulan Ramadhan.