Review

Inilah Lokasi untuk Mencari Kaset Langka di Bandung





Perkembangan teknologi audio, khususnya music player sudah sedemikian canggih. CD dan MP3 sekarang mendominasi hingga bisa diputar di gadget/HP. Namun, bagi Anda penggemar kaset jadoel mungkin perkembangan teknologi justru menjadi penyemangat untuk mengoleksi kaset atau piringan hitam lawas. Mungkin Anda penggemar The Beatles, Koes Plus, Rolling Stones, Led Zeppelin, Deep Purple, Queen, Gito Rollies, atau Dedi Stansah ingin memburu kaset-kasetnya?

Sentra Kaset Bekas Jalan Cihapit
Di Bandung ada tempat-tempat penjualan kaset lawas, salah satunya di Jalan Cihapit. Di sini jika kebetulan Anda bisa menemukan kaset lawas yang selama ini dicari. Bagi kolektor, semakin lawas kaset maka harganya akan semakin menggiurkan. Para kolektor di sini biasanya sudah menjadi pelanggan tetap. Para pelangggan biasanya tahu barang dan nilai jual kaset.

Harga kaset bekas di sini mulai harga Rp 5 ribu hingga Rp 60 ribu. Para kolektor pun datang dari ragam tempat. Kejelian para pedagang untuk memperoleh kaset dari orang yang menjual, menjadi modal untuk menambah pundi rupiah. Di Jln. Cihapit pun, dikenal dengan sentra penjualan tape dan perlengkapan audio mobil yang harganya murah. Anda bisa mencarinya di lapak-lapak yang ada. Selain itu, di sini pun dikenal sentra barang antik dan aneka perlengkapan kamera. Selain itu, di sepanjang jalan ini Anda bisa berburu kuliner lezat yang namanya sudah dikenal di Bandung.

Tempat lain yang bisa Anda sambangi ada di daerah alun-alun Bandung (dekat terminal Kebon Kalapa), letaknya persis bersebelahan dengan penjual buku-buku bekas di daerah Jln. Dewi Sartika. Masalah kualitas kaset jangan khawatir, para penjual biasanya melakukan  reparasi, misalnya jika pita kaset kotor, dia membersihkannya dengan alkohol. Adapun para pembeli dari ragam kalangan. Untuk remaja biasanya mereka membeli kaset jadoel untuk referensi bermusik.

Adapun untuk para turis mancanegara biasanya mereka membeli kaset-kaset musik tradisional (degung, jaipongan, dll). Di daerah utara, tepatnya di Jln. Dipatiukur bisa juga Anda datangi. Nama tokonya DU 68 Bandung Jln. Dipati Ukur 68 B Lantai 2, Bandung. Di sini tempat jual-beli kaset bekas yang langka dengan kondisi bagus.

Peta Jalan Cihapit Bandung, lihat di sini.