Genta: Gitar Produk Bandung yang Melegenda





Bandung selama ini mungkin sudah biasa dikenal sebagai gudangnya para musisi. Namun, di sisi lain Bandung mempunyai produk yang cukup melegenda. Adalah gitar dengan merek "Genta" yang telah berdiri lebih dari lima puluh tahun. Pemakai gitar ini sudah tersebar dimana-mana. Buka itu saja, para gitaris terkenal di Indonesia banyak yang menggunakan gitar Genta ini. Mereka biasanya memesan terlebih dahulu sesuai keinginan dan karakter bermusik dia. Begitu juga bagi Anda yang sedang belajar atau sedang mengembangkan skill bergitar, rupanya belajar kunci gitar atau chord gitar harus juga ditunjang dengan kualitas gitar yang baik dan berkualitas. Ya... salah satu alternatifnya, Anda bisa memiliki gitar merek Genta asli dari buatan urang Bandung ini.

Kualitas Internasional
Gitar Genta diproduksi di daerah Bandung timur, tepatnya di kawasan Ujungberung (Jln. AH. Nasution KM 12,5 No. 69). Pabrik gitrar ini konon berdiri sejak 1959. Gitar  yang diproduksi di sini adalah: ukulele, gitar akustik, gitar akustik listrik, serta gitar listrik. Adapun bahan yang digunakan tterbuat dari kayu mahoni serta rose wood. Untuk masalah kualitas, gitar Genta tidak kalah dengan gitar impor. Adapun kisaran harga gitar yang ada di sini mulai Rp 700 ribu hingga jutaan. Produk gitar Genta tersebar di toko-toko musik dan mereka yang pesan dari Palembang, Jakarta, Surabaya, dan kota-kota lainnya hingga mancanegara.

Dipakai Para Musisi Ternama
Adapun beberapa seniman musik yang menggunakan gitar Genta ini antara lain: Pretenders, Bawung Jabo, Virgiawan L., Mukti-Mukti, Micko, Ary Juliyant, Hari Pochang, Susilo Bambang Yudhoyono (sekarang Presiden RI), Tiwi Sakuhachi, Fery Curtis, Abah Iwan, Tim Palmieri, Steve Wilson, Nugie, Ireng Maulana, Pongki, Nugie, Anton Baret, Marta Topeng, dan seniman lainnya yang ada di dalam maupun luar negeri. Adapun perusaannya dimana produk gitar kebanggaan Bandung ini adalah PT. Genta Trikary.

Adapun kisah Sejarah gitar Genta ini dimulai dari seorang bernama Ki Anong Naeni (empu gitar Bandung). Ia seorang ahli mekanik dan elektronik. Dulu ia pernah bekerja di pabrik mesin milik perusahaan Belanda. Lalu, bersama sahabat-sahabatnya, ia mendirikan pabrik gitar Genta serta beberapa pabrik gitar lainnya di daerah Bandung. Kemudian, ia bertemu dengan Raden Mahyar dan membuat gitar 17 fret (dibuat 3 buah). Konon, gitar tersebut satu telah dibawa ke Perancis, satu lagi dibawa ke Malaysia, dan satu lagi masih ada di keluarga Raden Mahyar di Bandung. Menyangkut masalah kualitas, gitar Genta sudah sejak lama dipercaya untuk membuat gitar-gitar merk internasional.

Genta Guitar
Jalan AH. Nasution KM 12.5 No. 69,  Bandung (lihat peta lokasi)
Telepon: (022) 7812446
Official Website: www.gentaguitar.com

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS