Review

Pasar Kue Subuh Kawasan Buah Batu




Kuliner Bandung memang gak ada matinya. Dari pagi hingga pagi lagi masalah makanan memang Bandung menyediakan segalanya. Nah, jika Anda ingin membeli kue untuk sekadar camilan atau kebutuhan acara di rumah (kue hajatan, kue ulang tahun, atau kegiatan lainnya), silakan mencoba hunting kue di salah satu kawasan daerah selatan.

Jika di Jakarta ada pasar kue subuh Pasar Senen, di Bandung pasa kue subuh Buah Batu. Syaratnya, setelah salat subuh silakan Anda mengunjungi salah satu sentra kue di Bandung yang terkenal dengan rupa-rupa jualan kue. Ya, pasar kue Buah Batu ini sampai sekarang tetap menjadi primadona. Letaknya tidak jauh dari stopan Buah Batu (arah kampus STSI Bandung) atau tepat depan Bank BJB cabang Buah Batu/Borma lama.

Anda bisa mengunjungi pasar kue dadakan ini yang dimulai pukul 5 pagi hingga jam 8 pagi. Tepatnya di depan pertokoan (bekas toko Hero) ini dipenuhi dengan berbagai jajanan kue basah dan kue kering khas Bandung. Lahannya sendiri tidak kurang dari 70 meter, pengunjung bisa menemukan aneka jenis jajanan/penganan kue yang dijajakan oleh lebih dari 50 pedagang yang rutin mangkal di sana. Kue-kuenya pun beraneka rupa, kita punya banyak pilihan sesuai kebutuhan. Dagangan di sini dalam beberapa jam bisa cepat ludes oleh pembeli, makanya Anda harus menyiapkan diri dan membidik kue apa saja yang akan dibeli dengan membawa kertas catatan, jika perlu.

Selain mereka yang membutuhkan kue untuk acara di rumahnya, para pengunjung memang ada yang rutin belanja kue di sini. Baik untuk kebutuhan sendiri, oleh-oleh, atau untuk didagangkan kembali. Di sini kita bisa membeli kue lapis, onde-onde, lemper, pokoknya kue basah dan kue kering lengkap banget! Untuk masalah harga, tenang saja masih bisa ditawar kok. Jadi, Anda tinggal memakai jaket untuk menahan hawa dingin Kota Bandung di subuh hari. Tentunya pula harus rela berdesak-desakan dengan pengunjung lain. 

Jika hari Minggu, petualangan Anda membeli kue di sini bisa diteruskan ke arah lainnya yaitu car free day (CFD) yang terletak di Buah Batu sebelah utara; lokasinya di dekat stopan Buah Batu - Jalan Peta (Lingkar Selatan). Sensasi kuliner lainnya bisa Anda teruskan dengan mencari makanan lain di daerah sini, misalnya bubur ayam atau kupat tahu. Mau sekalian belanja untuk bahan memasak? Tinggal ke arah selatan yaitu ke Pasar Kordon. Jaraknya kurang lebih 1 km, hanya beberapa menit dari pasar kue subuh Buah Batu.