Review

Mie Konslet, Sensasi Rasa Pedas Luar Biasa




Anda penyuka kuliner pedas? Di Bandung ada tempat yang bisa menantang nyali Anda dalam merasakan seuhah lada alias rasa pedas tiada terkira. Sensasi pedas ini bisa Anda dapatkan dengan mencicipi mie instan yang tersedia di kedai Mie Konslet. Para Konsleter (biasa disebut begitu bagi mereka yang menikmati makanan di sini), bisa mencoba makanan mie instan yang disajikan di sini. Memang, makanan yang berbahan mie instan banyak ragamnya di Bandung. Dari mulai jajanan yang biasa ada di tukang bubur kacang ijo hingga tenda-tenda di pinggir jalan yang menyajikan suguhan mie instan. Anda bisa mendatangi daerah sekitaran gedung Telkom (dekat Gasibu/Monumen Perjuangan Jabar) tepatnya di daerah jalan nama-nama burung, kedai ini ada di Mie Konslet Jalan Titiran, Bandung.  

Mie instan, makanan khas kaum kosan/mahasiswa, yang disajikan di Mie Konslet ini dikombinasikan dengan seperti sawi putih, tomat, telur mata sapi, kucai, dan sebagainya, Nah, cita rasa super pedas menggunakan Cabai Rawit Domba yang menjadi ciri khas pedasnya yang super. Sama seperti kiripik Ma Icih, Mie Konslet juga menyajikan varian tingkat alias level kepedasan. Mau tahu? Level 1 memakai cabai sebanyak 5 biji, level 2 memakai 10 cabai, level 3 dengan 20 cabai, dan yang super pedas, yakni level 4 disajikan dengan campuran 40 cabai. Kebayang kan gimana pedasnya?Bagi Anda yang punya perut kurang bersahabat dengan rasa pedas, sebaiknya berpikir dua kali untuk menerima "uji nyali" lidah di sini. Memang, Mie Konslet merupakan kedai dengan segmentasi bagi mereka yang menyukai sensasi rasa pedas.

Nah, resep penggunaan cabai di sini terletak pada cabainya yang dikukus. Cabai tidak merebus karena kalau direbus zat zat dan rasa pedasnya juga jadi turun. Nah, dengan dikukus, pedesnya tidak turun, tapi panas zat yang bikin sakit perut jadi diminimalisir. Ini beda dengan makan cabai mentas yang bisa bikin penikmatnya langsung bolak-balik ke jamban alias diare. Mie yang disajikan di sini juga dibubuhi kucai. Dengan demikian, rasa bawangnya lebih kuat daripada daun bawang biasa.

Nama Mie Konslet sendiri berasa dari sang empunya kedai yang dianalogikan dengan konsleting listrik di rumah yang bisa bikin kacau balau alias gak puguh. Anda bayangkan lah kalau sedang menikmati makanan dengan tingkat pedas yang ajaib, bisa-bisa Anda ngomel, ngambil tisu, ambil air, dan mulut terus bergumam... suhah...suhah..suhah! Penasaran ingin mencoba makanan mie instan di sini? Kedai Mie Konslet ini buka dari Selasa sampai dengan hari Minggu mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB dini hari. Lokasinya mudah dijangkau yaitu dekat Monumen Perjuangan (PT Telkom di Jalan Japati). Kedai ini biasa lebih ramai oleh pengunjung pada hari Jumat dan Sabtu.