Review

Mengenal Kawasan Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB)




Bagi Anda yang kebetulan berkesempatan kuliah di Bandung, mungkin tulisan ini bisa sedikit membantu Anda untuk mengenal lebih dekat suasana kuliah di beberapa kampus negeri di Bandung. Untuk awal, kita membahas dulu mengenai perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Bandung. Peta persebaran kampus negeri di Bandung didominasi oleh tiga kampus utama, yaitu: Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Jika Anda ingin mengenal profil lengkap ketiga perguruan tinggi tersebut, silakan kunjungi website resmi masing-masing PT. 

Jika Anda yang kebetulan mendapat kesempatan menuntut ilmu di kampus ITB, patut Anda ketahui kampus ini menjadi salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia. Banyak tokoh nasional yang lahir dari didikan kampus ini, sebut saja Soekarno atau Habibie. Kampus yang terletak di kawasan Bandung Utara ini memang dikenal sebagai salah satu kampus yang bergengsi. Sekolah-sekolah favorit khususnya di Bandung dan umumnya di Jawa Barat menargetkan para siswanya untuk bisa masuk di sini. Entah mungkin karena alasan prestise atau memang sudah "budaya" bahwa kesan kampus teknik ini menjadi jaminan tersendiri bagi para orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Namun, kesampingkan saja faktor itu. Faktor pendidikan berkualiras sejatinya menjadi ciri khas kampus ini (bukan berarti kampus lain tidak). ITB memang punya histori tersendiri dalam urusan menciptakan alumni-alumni yang mumpuni. 

Kampus yang terkenal dengan motto In Harmoniae Progressio  ini diresmikan pada 2 Maret 1959. Sebelumnya, kampus ini dikenal sebagai sekolah teknik pada zaman Hindia-Belanda. Sekarang, kampus ini memiliki akreditasi yang diakui secara internasional. Lokasi kampus ini begitu asri dimana terletak di antara Kebon Binatang Bandung dan RS Borreumeus, tepatnya di Jalan Ganesha. Sama seperti kampus lainnya, ITB memiliki ruang kuliah, laboratorium, bengkel dan studio. Uniknya, walaupun dikenal sebagai kampus teknik, ITB juga memilik fakultas seni. Di sini ada juga galeri seni  rupa Galeri Soemardja, fasilitas olah raga. Bicara ITB, jangan lupakan Masjid Salman yang sifatnya terbuka bagia kegiatan umat, yaitu beribadah dan aktivitas keagamaan umat Islam. Selasar Salman dan gedung serbagunanya dikenal sebagai tempat aktivitas mahasiswa hingga pelajar di Kota Bandung. Di sini juga Anda bisa menikmati sajian makanan di kantin Salman. Jika Anda ingin bersantai sejenak, bisa turun ke Taman Ganesha yang persis ada di sebelah Masjid Salman.

Fasilitas lain yang ada di ITB adalah Asrama mahasiswa, perumahan dosen, dan kantor pusat administrasi tidak terletak di kampus utama namun masih dalam jangkauan yang mudah untuk ditempuh. Fasilitas yang tersedia di kampus di antaranya toko buku, kantor pos, kantin, bank, dan klinik. Kampus yang dulunya dikenal Technische Hoogeschool te Bandoeng ini, pada 2012, QS Asian University Rankings di bidang Engineering & Technology memberikan ITB peringkat ke-27 di Asia dan peringkat pertama di Indonesia. Sementara, di bidang Natural Sciences ITB menempati peringkat ke-35 di Asia dan peringkat pertama di Indonesia. 

Untuk tempat kos-kosan sendiri di daerah ini, mahasiswa ITB biasa ngekos di daerah Cihampelas, Cisitu, atau di daerah Dipatiukur, dan juga kawasan Dago lainnya. Untuk mencapai kampus ITB sendiri, Anda bisa menggunakan angkutan kota, bus kota DAMRI, atau taksi. Untuk angkot dari Stasiun Bandung bisa menggunakan angkota St. Hall - Dago. Kemudian, Anda juga bisa menggunakan Cicaheum-Ledeng atau juga DAMRI jurusan Leuwipanjang - Dago, berhenti di depan Jalan Ganesha (RS Borromeus). 

Salah satu tempat favorit untuk aktivitas di kawasan ITB adalah Sasana Budaya Ganesha atau biasa dikenal dengan nama Sabuga. Gedung Sabuga dikenal sebagai tempat pertunjukan seni. Kawasan yang persis ada di kawasan lebak Siliwangi ini, bersebelahan dengan Hutan Kota Babakan Siliwangi. Daerah ini termasuk kawasan konservasi Bandung Utara. Di kawasan Sabuga, Anda bisa jogging, bermain sepak bola atau berenang. Daerah terdekat di sini adalah, kawasan: jeans Cihampelas, Bandung Indah Plaza, Bandung Electronik Center, Jalan Tamansari, Taman Budaya Dago dan Taman Ir. H Juanda, dan tentunya Kebun Binatang Bandung.

Informasi lainnya, sekarang kampus ITB "buka cabang" di Jatinangor. Ini dikenal juga dengan Kampus II ITB, yang dulunya bekas kampus Universitas Winaya Mukti (Unwim). Jadi, di Jatinangor sekarang bertambah lagi kampus baru. Dulu, di kawasan ini dikenal dengan kampus Unpad, IPDN, dan Ikopin.