Review

Menikmati Kesegaran Yoghurt Cisangkuy





Anda mungkin telah biasa menikmati yoghurt atau yogurt yang berbahan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Sejak lama yoghurt dipercaya mempunyai beberapa khasiat. Pertama, membantu pencernaan,. Kemudian,  Yoghurt juga baik untuk jantung sebab rendah lemak, bahkan bebas lemak. Juga dapat membantu menurunkan risiko terserang tekanan darah tinggi. Manfaat lain adalah mencegah hipertensi. Protein spesial di dalam yoghurt serta kandungan kalsium, magnesium, dan potasium-nya bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi. Sementara manfaat lainnya adalah: mencegah Osteoporosis; mengatasi jerawat; menjaga kehalusan dan kelembutan kulit; menghambat patogen;. hingga menetralisir antibiotik. 

Nah, di Bandung ada tempat menikmati sajian yoghurt ini. Sebuah cafe dengan nama Cisangkuy, yang telah berdiri sejak tahun 1976.  Lokasi dekat Gedung Sate (Jalan Diponegoro) dan Jalan Cilaki yang berada di rumah zaman Belanda. Di sini, Anda bisa menikmati suasana pemukiman zaman kolonial dengan pepohonan rindang. Selain Yoghurt, menu makanannya ada soto bandung, gado-gado, nasi goreng, otak-otak, tapi yang istimewa kentang goreng sosis nya, karena dilengkapi saus pedas manis yang khas rasanya.

Nama Cisangkuy berasal dari nama jalan lokasi (Jalan Cisangkuy No. 66) tempat wisata kuliner ini berada. Ketika menyeruput segelas yoghurt cisangkuy ini, kita akan menemuukan cita rasa yoghurt yang berbeda, tidak terlalu asam (bahkan cenderung manis) serta tidak terlalu kental.  Di Cisangkut, Anda bisa menikmati aneka rasa yoghurt : strawberry, grape, lychee, mocca, vanila dan lain-lain. Anda juga dapat memilih cara penyajiannya seperti juice (buah dan yoghurt di blend bersama), non juice (buah dan yoghurt tidak diblend) atau special juice (buah dan yoghurt di blend bersama plus potongan buah segar yang menyertainya).

Jika Anda menginginkan makanan lain sebagai teman minum yoghurt ini, Anda bisa memesan burger, hot dog, baso, gado-gado dan lain-lain.  Ada juga chicken cream soup yang tampak seperti cream soup instan. Makana ini ditambah dengan potongan-potongan ayam. Pengunjung juga dapat memesan makanan lain yang dijajakan di pelataran luar. Di sini ada baso tahu-siomay, sate, serta surabi.  Untuk area indoor kedai dibuka dari jam 08.00-17.00 WIB. Selebihnya, pengunjung boleh menikmati hidangan di pekarangan rumah hingga pukul 20.30 WIB.