Review

Memantau Lalu Lintas Kota Bandung secara Online




Bagi Anda yang sedang pelesir di Kota Bandung, tentunya tak ingin hanya gara-gara kemacetan niat Anda berkeliling di Kota Bandung menjadi terganggu. Bagi Anda yang terbiasa menyusuri jalan-jalan di Kota Bandung mungkin sudah mengenal beberapa titik kemacetan, seperti di daerah Jalan Pasteur, Buah Batu, Gerbang Tol Pasirkoja, dan wilayah lainnya. Nah, di zaman serba internet ini, Anda kiranya perlu dibantu oleh pantauan yang real time dari dunia maya. Anda bisa menggunakan gadget yang Anda miliki. Ada beberapa situs atau layanan yang kiranya bisa membantu Anda dalam mencari informasi mengenai transportasi di Kota Bandung. Berikut ini diantaranya:

1. Lapisan Lalu Lintas (Traffic Layer) Kota Bandung di Google Maps

Layanan ini bisa Anda lihat di http://maps.google.co.id. Search saja "Bandung". Lapisan lalu lintas ini menyediakan data tentang kemacetan di jalan secara langsung dan tepat. Lapisan ini menambahkan warna-warna pada peta jalanan. Merah untuk kemacetan luar biasa, kuning untuk padat merayap dan hijau untuk lalu lintas lancar. Data lalu lintas yang ditampilkan pada Google Maps berasal dari berbagai sumber, termasuk instansi perhubungan, penyedia data pribadi, dan pengguna Google Maps di ponsel yang memberi kontribusi informasi secara anonim melalui fitur crowdsourcing lalu lintas.

Data lalu lintas di-refresh setiap beberapa menit dengan situasi terbaru dan seperti semua fitur Maps, Google ingin terus menyediakan informasi yang baru, akurat, dan mudah digunakan mengenai tujuan Anda. Peta lalu lintas kota Bandung ini juga telah bisa dinikmati dari akses mobile Google Maps atau dari aplikasi Maps dari Google (bisa dicoba pada aplikasi Maps untuk Android). Anda tinggal mencari pilihan menu ‘layer’ dan pilih ‘traffic’ atau lalu lintas.

2. Layanan Bandung 247

Ini adalah layanan informasi kondisi lalu lintas yang beralamat di http://bandung247.com. Di sini, Anda bisa mendapatkan informasi gambaran real time kondisi lalu lintas yang bersumber dari CCTV yang disimpan di beberapa titik. Selain di situsnya, Anda juga bisa memasang aplikasi bandung 247 ini melalui aplikasi di Android. Silakan buka Google Play, dan cari "Bandung 247". Aplikasi ini merupakan sebuah fasilitas yang dipersembahkan oleh Melsa ISP bagi seluruh warga maupun wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung. Aplikasi ini menyediakan tampilan kamera lalu lintas di titik-titik penting jalanan Bandung agar warga ataupun wisatawan dapat terhindar dari kemacetan yang sering terjadi terutama di saat liburan.

3. Aplikasi Pencari Rute Angkot di Kota Bandung

Ini bisa Anda akses di http://angkot.tibandung.com/. Ini merupakanaplikasi pencari rute/jalur angkot Kota Bandung. Anda tinggal memasukkan input dari mana dan menuju ke mana. Hasilnya adalah rekomendasi angkot yang bisa Anda gunakan ke tempat yang dituju.