Review

Bandung Punya Internet Gratis di Ruang Publik





Perkembangan teknologi komunikasi sudah sedemikian pesat. Manfaat internet sudah sangat dirasakan oleh masyarakat di zaman digital ini. Penggunaan smartpones semacam Android, BlackBerry, maupun iPhone semakin marak di kalangan penggunanya dari anak-anak sampai orang tua. Kota Bandung sendiri sebagai kota yang termasuk modern, kehadiran internet menjadi kebutuhan tersendiri bagi penduduknya. Namun di balik itu, kebutuhan akan layanan internet dirasa kurang maksimal. Ciri kota besar dengan akses internet rupanya menjadi bagian  dari program pemerintahan Kota Bandung sekarang. Bandung sedang diarahkan untuk menjadi kota yang mudah untuk mengakses dimana saja.

Untuk peluncuran awal, pada Jumat, 15 November 2013 telah diresmikan pemasangan jaringan WiFi gratis di Masjid Jami Muhajirin, Pasir Endah, Kecamatan Ujung Berung. Koneksi WiFi ini bisa diakses secara gratis. Fasilitas wifi ini merupakan kerja sama antara Pemkot Bandung dengan PT Telkom. Peresmian program internet gratis ini dilakukan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Pemasangan WiFi gratis di mesjid-mesjid ini bertujuan agar anak-anak tidak perlu lagi pergi ke warnet. Mereka cukup pergi ke mesjid, untuk mendapatkan akses internet gratis. Di sisi lain, adanya jaringan internet di masjid-masjid ini sebagai upaya "memancing" masyarakat untuk menjadikan masjid sebagai basis kegiatan umat. Salah satu manfaat adanya kenyamanan semacam ini, diharapkan etika dan perilaku, terutama kaum muda, dapat terjaga karena yang mengontrol internetnya adalah pengurus DKM.

Rencananya Pemkot Bandung  akan memasang 5.000 titik Wifi di seluruh pelosok Kota Bandung. Pemasangan WiFi ini antara lain akan dilakukan di ruang-ruang terbuka, taman, jalan, dan sebagian di ruang-ruang tempat warga berkumpul seperti balai RW juga masjid. Khusus untuk masjid, sebelum anak-anak dapat mengakses internet mereka disuruh solat dulu, apabila sudah melaksanakan solat, maka anak-anak baru bisa mendapatkan akses internet. Ini juga sebagai pendidikan tidak langsung kepada anak-anak untuk lebih mencintai masjid.

Sampai saat ini PT Telkom telah memasang sekitar 4.400 titik wifi di 2.000 lokasi di Kota Bandung. Telkom juga menyerahkan komputer dan tablet yang bisa digunakan oleh DKM mesjid untuk keperluan sehari-hari. Di samping itu, tablet tersebut dapat digunakan oleh para DKM mesjid untuk melakukan pembayaran secara online seperti PDAM, listrik, telepon, pengisian pulsa. Bahkan adanya sumbangan tablet ini, dapat membantu umat dalam pembayaran zakat secara online. Dengan demikian, adanya "transaksi" lewat jalur online akan menambah penghasilan bagi DKM  dalam mengurus dana (zakat, infaq, shodaqoh) dari umat.