Review

Ketika Kawasan Pusat Kota Bandung Berbenah




Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di Kota Bandung menjadi salah satu permasalahan kota ini. Maka, penertiban dan pembersihan lapak pedagang kaki lima (PKL) di Jln. Kapatihan dan Jln. Dalem Kaum kini mulai dilaksanakan. Adapun para PKL yang ada di salah satu titik dilarang berdagang tersebut kini dipindahkan ke Pasar Induk Gede Bage. Untuk membenahi jalan di pusat perkotaan Bandung tersebut, Pemerintah Kota Bandung menghiasi kedua bahu jalan tersebut dengan 100 pohon bintaro. Pot besar kini ditanami dengan bibit pohon-pohon yang merupakan pindahan dari Jln. Asia Afrika. Ke depannya, kawasan Alun-alun Bandung bisa menjadi kawasan kota yang mampu mencirikan Kota Bandung sebagai kota yang genah, merenah, tur tumaninah.
Pemindahan tersebut dilakukan pada Senin, 25 November 2013 malam mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 01.30 WIB dini hari. Pemindahan pohon-pohon tersebut dimaksudkan sebagai antisipasi supaya PKL tidak kembali beraktivitas di kedua jalan tersebut. Tentunya pula, keberadaan pohon ini bertujuan untuk membuat kedua jalan itu lebih nyaman dan asri. Ini akan lebih menjadikan kawasan pusat Kota Bandung lebih nyaman dan tentunya lebih bisa dinikmati oleh umum, bukan "dikuasai" oleh PKL yang sampai mengambil bahu jalan.

Dengan disimpannya pot di bekas pedagang PKL tersebut, diharapkan tidak ada lagi PKL yang mencoba berjualan kembali. Di kawasan ini, nanti juga akan dibuat taman bunga, sehingga mengurangi upaya PKL untuk kembali berjualan. Pot yang terbuat dari semen tersebut ditanami pohon Bintaro setinggi 1,5 hingga 2 meter. Masing-masing pot diberi jarak sekitar 5 meter. Pemasangan pot ini juga sebagai upaya untuk menghindari parkir liar dan parkir becak.

Kedua jalan semakin asri dan nyaman dengan keberadaan pohon-pohon tersebut. Juga akan membuat Jln. Kapatihan dan Jln. Dalem Kaum terlihat semakin bersih. Pihak Pemerintah Kota Bandung akan menjadikan Jln. Kapatihan dan Jln. Dalem Kaum menjadi jalan yang bersih dan nyaman dilalui warga. Di Kedua jalan ini Pemkot Bandung juga akan memasang lampu-lampu untuk memaksimalkan penerangan. Keberadaan pohon-pohon bintaro tersebut tidak akan mengganggu arus lalu lintas dan pejalan kaki karena ditempatkan di bahu jalan. Ditambah lagi, rentang antarsatu pot pohon bintaro ke pohon lainnya berjarak 5 meter. Adapun di Jln. Asia Afrika di sepanjang jalan protokol ini akan ditanami pohon sawo kecik. Dalam hal ini, Pemkot Bandung ingin menanam pohon buah-buahan sehingga bisa dipanen.