Review

Profil SMA Negeri 1 Bandung




Bersatu, Beriman, Santun, Agamis, Tekun, Unggul itulah motto SMA Negeri 1 Bandung yang berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 93, Bandung. Sekolah ini dikenal juga dengan sebutan "Smansa". Salah satu sekolah menengah favorit di Kota Bandung ini dikenal juga dengan prestasi akademik dan kegiatan yang diselenggarakan di sekolah.  

Sejarah Berdirinya SMAN 1 Bandung
Merunut pada awal berdirinya sekolah ini, pasca-Proklamasi, di Bandung telah berdiri sebuah SMA bernama SMA PARKI (Pasundan) di bawah pimpinan Bapak Among Praja. Gedungnya sendiri berada di Jalan Pasundan. SMA PARKI kemudian pindah ke Jalan Sumatera 36A Bandung (sekarang SMP Negeri 5 Bandung). Pada tahun pelajaran 1950/1951 / 1 Agustus 1950, SMA PARKI menjadi SMA Negeri.

Sejak saat itulah SMA PARKI menjadi SMA NEGERI 3 A/B Bandung. Pada waktu itu ada tiga SMA Negeri di Bandung, yaitu SMA 1 B/C dan SMA 2 B/C di Jl. Belitung, dan SMA 3 A/B Jl. Sumatera 36A Bandung). Pada tahun ajaran 1953/1954, SMAN III memasuki tahun ketiga. Perubahan terjadi setelah adanya surat keputusan dari pemerintah, dimana dalam hal ini diputuskna bahwa SMA III dibagi dua, yaitu :
1. SMA IIIA Bagian Bahasa
2. SMA IIIB Bagian Ilmu Pasti

Kedua sekolah ini menggunakan gedung di Jl. Sumatera No. 36A dan Jl. Jawa No. 5 (sekarang dipakai oleh SMP Negeri 2 Bandung dan SMP Negeri 5 Bandung). Pada Agustus 1956, sekolah mendapat pergantian nama SMA Negeri IIIA menjadi SMA Negeri IA, sedangkan SMA Negeri IIIB menjadi SMA Negeri IVB. Lalu pada tanggal 1 Agustus 1958 kedua ‘saudara kandung’ ini berpisah. SMA IA dipindahkan ke daerah Bandung Utara, menempati sebuah gedung Lyceum di Jl. Dago.  Sedangkan SMA IVB berubah status menjadi SMA Negeri IV.   Juli 1965 merupakan tahun penyempuraan di bidang pendidikan. Untuk pertama kalinya SMAN IA membuka jurusan Ilmu Hayat, Ilmu Sosial dan Sastra Budaya. Sesuai dengan penamban jurusan yang didasarkan pada peraturan pemerintah, nama SMAN IA pun diubah menjadi SMA Negeri 1 Bandung.

Sarana dan Prasarana SMA Negeri 1 Bandung 
Gedung SMA ini memiliki areal 8.450 m2 dan luas bangunannya 3.790 m2, sampai tahun 2011/2012 memiliki sarana dan prasarana sebagai berikut :
- 29 Ruang Belajar
- 1 Ruang Kepala Sekolah
- 1 Ruang Wakasek
- 1 Ruang Staf Wakasek
- 1 Ruang Guru
- 1 Ruang Tata Laksana
- 1 Ruang Pengolah Data
- 1 Ruang Perpustakaan
- 1 Ruang BK
- 4 Ruang Laboratorium
- 1 Ruang Multimedia
- 1 Ruang Aula
- 2 Ruang WC Guru
- 10 Ruang WC Siswa
- Masjid

Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh SMAN 1 Bandung:
- Juara II Balsa Bridge Competition Tingkat Kota Bandung
- Juara III Kejuaraan Tae Kwon Do Tingkat Kota Bandung
- Juara II Lomba Debat Tingkat Nasional
- Juara III Kejuaraan Nasional Catur
- Juara II Karya Tulis Ilmiah Remaja UPI dan PR Tingkat Nasional
- Juara I Lomba Baca Puisi Tingkat Kota Bandung
- Juara I Lomba Menulis Essay Bahasa Inggris Tingkat Kota Bandung

SMA Negeri 1 Bandung
Jalan Ir. H. Juanda No. 93 Bandung
Website: http://sman1bdg.sch.id