Review

Tempat Kuliner Antara Jln. Terusan Buah Batu - Banjaran - Baleendah





Jalan-jalan di Kota Bandung mungkin bukan hanya sekadar di daerah perkotaannya. Sekali-kali Anda bisa mencoba hunting kuliner di daerah Bandung Selatan, tepatnya di daerah terusan Buah Batu, Banjaran, dan Baleendah. Tempat ini termasuk Kabupaten Bandung yang perbatasannya dari jembatan tol Buah Batu. Jika Anda jalan-jalan ke daerah sini, terdapat beberapa tempat kuliner yang kiranya dapat Anda jajal rasanya. Bagi Anda yang masih kurang mengenal daerah ini, bisa keluar dari tol Buah Batu kemudian belok ke kanan. Anda memasuki kawasan Jalan Bojongsoang. Di sini nanti ada pertigaan, yaitu ke kanan menuju arah Banjaran dan ke kiri menuju Jalan Baleendah. 

Soang Dekil Jalan Terusan Buah Batu - Bojongsoang
Sebelumnya, di Jalan Bojongsoang (kurang lebih 2 km) Anda bisa mencoba menikmati makanan di restoran Soang Dekil. Restoran Soang Dekil ini terletak di Jl. Bojong Soang 412, terusan Jalan Buah Batu. Lokasinya beberapa meter dari SPBU Bojongsoang. Kalau dari arah Buah Batu terletak di sebelah kanan. Restoran ini dibuka pada 24 Juni 2013 lalu, menyajikan menu andalan bebek bali dengan sambal matah. Tempatnya lumayan luas dengan konsep agak terbuka. Di sini juga Anda bisa memesan menu minuman andalannya adalah Juragan Bojong dengan yang terdiri dari tape, cincau, nata de coco, disajikan dengan parutan es dan sirup merah.

Dapur Bebek Jalan Cijagra, Bojongsoang
Kemudian jika Anda meneruskan ke arah selatan, Anda bisa belok ke arah Jalan Cijagra. Di sini Anda bisa mencoba mencicipi sajian menu bebek di Dapur Bebek. Letaknya pas pintu masuk pertama perumahan Griya Bandung Asri 1 (GBA 1). Lalu ke arah menuju jembatan Citarum, Anda bisa mengunjungi Rumah Makan Ampera. Sajian di rumah makan ini sama dengan cabang Rumah Makan Ampera yang lain dengan menu tradisional khas Sunda. Tempat untuk makannya sendiri ada yang di meja dan lesehan. Pengunjung biasanya lebih banyak yang memilih untuk makan lesehan. Suasananya lumayan adem.

Ikan Bakar dan Ayam Bakar Simpang
Jika Anda meneruskan ke arah Baleendah di pertigaan Jalan Siliwangi ada ikan bakar dan ayam bakar Simpang. Ini adalah salah satu tempat favorit urang kawasan Baleendah. Dagangnya mulai sore hingga malam. Namun, di sini Anda harus bersabar karena biasanya para pengunjung mengantre. Di sini, Anda bisa memesan ikan air tawar atau ayam dengan cara dibakar atau digoreng. Untuk menu tambahan lainnya, Anda bisa memesan jeroan, tahu, tempe, serta aneka minuman jus. 

Rumah Makan Rencong
Nah, jika Anda ingin mencoba cicipan makanan yang ada di daerah Banjaran, Anda bisa mencoba mie bakso Mas Paidi. Baksonya bikin ngiler, mie ayamnya juara. Lokasinya sendiri berada di daerah Rencong (singkatan dari Rengas Condong). Selain itu ada juga bakso rudal  Wajah Baru yang berada di alun-alun Banjaran depan Masjid Agung Banjaran. Buka jam 17 – tengah malam. Anda juga bisa mencoba makanan ayam bakar di Rumah Makan Rencong, Jalanl Raya Banjaran No. 253.