Bandung Punya Bus Bandros




Gebrakan Wali Kota anyar Ridwan Kamil memang tak ada matinya. Jauh sekali dengan kepemimpinan-kepemimpinan sebelumnya yang bisa dianggap datar-datar saja.Tapi, bagaimanapun apa yang dilakukan Wali Kota sekarang tidak lepas dari euforia publik yang menjadikan media jejaring sosial untuk penyebaran informasi mengenai bus Bandros ini.

Update layanan Bus Bandros: lihat di sini

Juga hal ini tak luput dari harapan warga Bandung sendiri untuk menjadikan kota ini layak sebagai sebutan "Bandung Juara" utamanya dalam pariwisata, seperti yang sering didengungkan oleh sang Wali Kota Baru. Termasuk juga urusan dalam bidang wisata, pada malam tahun baru 2014 kemarin telah diluncurkan bus wisata bernama Bandros alias Bandung Tour On The Bus, ya walaupun baru sebatas prototipe.

Bus wisata yang mempunyai kesamaan dengan nama cemilan khas Sunda ini, malam itu satu unit Bandros diluncurkan serta  akan dioperasikan bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD). Bus pariwisata warna merah bertingkat dua itu merupakan bus pertama yang dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan di Kota Bandung sekaligus menjadi sebuah solusi mengurai permasalahan kemacetan di Kota Bandung.

Dengan adanya bus wisata ini, para wisatawan ke depan tidak perlu menggunakan mobil pribadi untuk keliling ke destinasi wisata di Kota Bandung, melainkan cukup naik Bandros yang akan melintasi sejumlah jalur heritage, kuliner dan fesyen di Kota Bandung. Bus tersebut juga akan dilengkapi oleh awak yang bertugas sebagai relawan. Fasilitas lainnya adalah internet gratis, makanan ringan khas Bandung dan beberapa layanan lainnya.Ke depannya, dengan bantuan CSR perusahaan nantinya akan dioperasikan 30 unit bus wisata sejenis, dan akan meningkatkan daya tarik wisata Kota Bandung.

Sejumlah ruas jalan yang akan dilintasi oleh bus tersebut antara lain Jalan Juanda, Jalan RE Martadinata, Jalan Diponegoro, Jalan Cihampelas, Jalan Braga, Jalan Asia Afrika serta beberapa ruas jalan lainya di Kota kembang. Bus tersebut, kata dia merupakan hasil dari CSR di Kota Bandung, sekaligus sebagai ajang untuk mendorong agar Kota Bandung tetap eksis di bidang wisata unggulannya. Bagaimana para wisatawan dapat menggunakan bus wisata ini? Minimal penumpang harus memperlihatkan struk belanja, jadi ada kontribusinya bagi perekonomian Kota Bandung.

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS