Review

Inilah Fasilitas dan Rencana Pembangunan Akses ke Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)





Bagi Anda yang penasaran apa saja fasilitas pendukung Gelora Bandung Lautan Api, inilah di antaranya:

- Luas Bangunan Stadion: Tapak Stadion 5.2 Ha dan Lansekap 16.9 Ha.
- Gedung dan kantor stadion berlantai 4 dengan luas ruangan 72.000 m^2.
- Dilengkapi Mushola di setiap ruangan.
-Toilet berjumlah 766 buah.
- Ruang VVIP untuk kelas kepala Negara/Presiden dengan kaca anti peluru.
- Jumlah kursi penonton 38.000 orang, jika berdiri 72.000 orang.
- Dilengkapi : lapangan atletik , kantor, sirkulasi, tribun atap full keliling, servis, big screen dan kursinya tahan api dengan kursi merk Ferco.
- Rumput yang digunakan adalah dari jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr yakni rumput kelas satu standar FIFA.
- Standar Indonesia : SNI T-25-1991-03 STDR. PERENCANAAN STADION.
- Standar Internasional : Football Stadium Technical, Recommendation Requirements, FIFA Safety Guidelines.
- Area parker bus, mobil dan motor.
- Dilengkapi Landasan pesawat Helikopter.
- Akan dilengkapi E-Board (Papan iklan Elektrik) di pinggir lapangan. 

Sementara menyangkut akses jalan menuju GLBA, akan dibuka akses Jalan Tol Padalarang-Cileunyi menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Dalam hal ini akan dibuka interchange di KM 149+100 untuk mempermudah akses ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Adapun pengoperasian akses jalan tol itu menjadi bagian persiapan penyelenggaraan perhelatan PON XIX yang dijadwalkan pada Agustus 2016. Seremoni pembukaan serta penutupan perhelatan Pekan Olahraga itu akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Pintu tol tersebut akan dibuka permanen.

Sumber: www.skyscrapercity.com
Akses jalan tol di KM 149+100 itu akan menjadi pintu masuk dan pintu keluar tambahan di Jalan Tol Cipularang, di ruas Padalarang-Cileunyi. Selain membuka akses jalan tol itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung akan menyiapkan jalan penghubungnya menuju perempatan Jalan Soekarno-Hatta menuju Terminal Petikemas Gedebage, Kota Bandung. Kementerian Pekerjaan Umum menyanggupi untuk membangun fisik akses jalan tol itu yang rencananya berupa jalur interchange. Pemerintah Provinsi dan Kota Bandung yang akan menyiapkan lahan. Sementara, pihak Pemerintah Provinsi sudah menyediakan anggaran tahun ini sebesar Rp 26 miliar untuk membebaskan lahan seluas 6-7 hektare. Lahan itu diproyeksikan untuk membangun jalan sepanjang 3 kilometer untuk membangun interchange dan akses jalan menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api. 

Proses pembebasan lahan sudah dimulai. Tahun 2014 ditargetkan pembebasan lahan oleh Pemerintah Provinsi rampung. Dengan demikian, pada 2015 nanti, pembangunan fisik akses jalan tol berupa interchange pintu tol sudah digarap. Akses pintu tol itu sedianya menjadi bagian dari proyek pembangunan Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) yang akan menghubungkan Pasteur-Gedebage dan tersambung dengan Jalan Tol Cipularang. Para pemain Persib Bandung sendiri pernah menjajal Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Senin, 30 Desember 2013 malam.