Review

Mengenal Perkembangan Pasar Sepatu Cibaduyut





Jargon "Cintailah produk dalam negeri!" biasa dikampanyekan dalam upaya mengangkat citra produksi lokal khas Indonesia. Jargon tersebut salah satunya pas dengan salah satu produk khas Bandung, sepatu Cibaduyut. Produksi sepatu Cibaduyut telah dipasarkan dan didistribusikan ke seluruh Indonesia hingga mancanegara. Adapun mayoritas dalam pemasaran produknya masih tergantung pada para pedagang, baik pengecer maupun pedagang besar atau grosir, sehingga keuntungan (profit) masih sebatas dibawah 20%.

Sebagian kecil pengusaha/perajin telah mampu dan memiliki pasar di kota–kota besar dengan peluang dan segmen pasar yang cukup menjanjikan, dalam arti memiliki nilai profit diatas 35%, itupun masih dibawah 10% dari populasi usaha yang ada pada sentra sepatu Cibaduyut.

Banyaknya pemasok produk sepatu dari luar Cibaduyut untuk dijual melalui toko/show room dan pusat perdagangan di Cibaduyut, sehingga ada image produk bahwa sepatu produksi Cibaduyut menurun pamornya. Hal inilah yang perlu kita kaji untuk pembenahan di dalam Sentra Cibaduyut, bahwa kejadian diatas yang menurunkan kepercayaan belum tentu produk dari Cibaduyut, mungkin saja produk dari luar berkualitas rendah dijual di Cibaduyut. Memang untuk urusan sepatu, nama Cibaduyut kerap didompleng demi meyakinkan kepada konsumen.

Sementara, Industri Kecil Menengah Persepatuan Cibaduyut telah menumbuhkan industri pendukung lainnya, seperti tumbuhnya show room/outlet sepatu, pusat perdagangan sepatu, toko/penjual bahan baku/bahan pembantu dan counter atau penjual produk–produk lainnya.Bahkan kini pengelolaan Jalan Cibaduyuy lebih pada konsep industri pariwisata. Hal ini ditandai dengan banyaknya toko-toko dengan gedunb besar dan tempat parkir luas.

Industri alas kaki / persepatuan di sentra Cibaduyut sejak dekade tahun 80-an hingga sekarang dapat dikatakan mengalami perkembangan yang cukup signifikan, tetutama dari aspek investasi dan produksi. Perkembangan industri alas kaki/persepatuan di sentra Cibaduyut sejalan dengan perkembangan pasar, pertumbuhan ekonomi yang mendorong peningkatan daya beli konsumen,turut pula memberikan andil tumbuhnya demand terhadap produk alas kaki.

Bahkan kini, mulai.terbentuk kemitraan antara industri alas kaki di sentra Cibaduyut dengan perusahaan alas kaki yang memiliki brand image maupun dengan pengusaha grosir yang ada disentra sepatu Cibaduyut. Sentra sepatu pun mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi wisata edukasi, dimana beberapa lembaga pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi maupun lembaga lainnya sering dijadkan sebagai tempat penelitian dan pendidikan keterampilan.