Review

Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Stadion Kebanggaan Urang Bandung





Di Bandung terdapat Stadion Si Jalak Harupat yang terdapat di Kabupaten Bandung, tepatnya dekat dengan pusat Pemerintahan Kab. Bandung. Selain itu, ada juga Stadion Siliwangi milik Kodam III Siliwangi. Kedua stadion tersebut kerap dipakai oleh klub sepak bola Persib Bandung dan klub lainnya. Namun, kini Kota Bandung memiliki stadion baru nan megah yang terdapat di kawasan timur Kota Bandung. Stadio kareueus (kebanggaan) urang Bandung ini bernama Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang terletak di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. 

Lokasi Stadion berada di antara ruas Jalan Tol Cileunyi-Padalarang KM 151 dan Jalan By Pass Soekarno-Hatta Bandung. Jika Anda lewat melalui jalan tol ke arah Cileunyi, di antara persawahan Anda bisa melihat stadion ini berdiri tegak. Untuk memasuki stadion bertaraf internaisonal ini ada akses Jalan dari daerah Gedebage juga ada akses jalan dari pintu tol khusus di KM 149 ruas Tol Cileunyi-Padalarang dan ruas jalan dari arah Stasiun KA Cimekar dan dari jalan Rancanumpang.

Penamaan Gelora Bandung Lautan Api dari Polling SMS

Awalnya, nama stadion mengambil bisa disebut oleh masyarakat Bandung dengan nama Stadion Gedebage, namun nama tersebut hanya sementara sebelum dibuat peraturannya. Setelah ada keputusan pemerintah, maka pemberian nama stadion dilakukan lewat polling terhadap masyarakat dan hasilnya nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api menjadi suara terbanyak dari masyarakat. Hasil polling tersebut sudah disepakati berbagai kalangan dan sudah ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD Kota Bandung.

Soft Launching GBLA
Adapun "soft launching" Stadion Gelora Bandung Lautan Api (BLA) telah dilakukan oleh (mantan) Wali Kota Bandung H Dada Rosada di Gedebage Kota Bandung pada 10 Mei 2013 yang lalu.  Peresmian Gelora GBLA pada tahun lalu itu sekaligus pencangangan GBLA sebagai home base bagi Persib Bandung dan acara pembukaan PON XIX/2016 itu dibangun sejak 2009 dengan dana `sharing` antara Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung.

Fasilitas Stadion Gelora Bandung Lautan Api
Stadion ini di desain berstandar internasional, rumput yang digunakan adalah dari jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr yakni rumput kelas satu standar FIFA. Stadion ini dilengkapi dengan lapangan sepakbola, atletik, kantor, sirkulasi, tribun atap full keliling, servis, e-board, scoring board dan kursinya tahan api dengan kursi merk Ferco. Karena standard FIFA itulah jumlah kursi penonton hanya 38.000 orang[3]. Kalau tanpa kursi sebenarnya bisa menampung 72.000 orang.

- Standar Indonesia : SNI T-25-1991-03 STDR. PERENCANAAN STADION
- Standar Internasional : Football Stadium Technical, Recommendation Requirements, FIFA Safety Guidelines.

Adapun luas bangunan stadion GBLA:
- Tapak Stadion 5.2 Ha
- Lansekap 16.9 Ha

Fasilitas Gedung GBLA
Gedungnya berlantai 4 dengan luas ruangan 72.000 meter persegi sehingga kalau ditotal dengan fasilitas pendukung lain dapat mencapai 40 hektare. Akan ada banyak mushola dan toilet berjumlah 766 buah, selain itu juga ada ruang VVIP untuk kelas kepala negara presiden dengan kaca antipeluru dan landasan helikopter.

GBLA sebagai Home Base Persib pada ISL 2015
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) direncanakan akan menjadi stadion yang dipakai Persib Bandung di Indonesia Super League (ISL) 2015. Namun, sebelum digunakan akses jalan menuju stadion harus selesai sebelum bulan Mei 2015. Akses jalan menuju stadion ini sendiri dari Tol Purbaleunyi KM149. Selain itu, Pemkot Bandung juga sedang mengerjakan jalan tembus dari kawasan bakal pintu tol itu ke kawasan Gelora BLA dan ke Jalan Soekarno-Hatta (by pass). Jika sekarang-sekarang ini dipaksakan dipakai, dikhawatirkan justru akan menimbulkan gesekan antara warga di sekitar stadion. Selama ini, memang akses masuk stadion masih melalui kompleks perumahan warga.

Saat ini penyelesaian pembangunan akses jalan menuju Stadion GBLA masih dalam proses pemilihan kontraktor. Rencananya jika pembangunan akses tersebut bisa rampung minimal setengahnya pada Mei tahun depan, kemungkinan stadion tersebut bisa dipakai. Namun, sekalipun belum dapat digunakan untuk musim kompetisi 2015, paling tidak stadion dapat digunakan untuk latihan.