Review

Anda Bobotoh Sejati? Segera Miliki Kartu ATM Persib - Bank BJB





Persib Bandung adalah "roh" urang Bandung, sekaligus juga rakyat Jawa Barat. Tim dengan julukan Maung Bandung ini telah meresap dengan hati urang Sunda. Fans alias Bobotoh Persib datang dari berbagai daerah di Jawa Barat dengan jumlah lebih dari 5 juta orang. Begitu pula Bank BJB yang lahir dari Tatar Jawa Barat. Keduanya berkolaborasi, selain Bank BJB sebagai sponsor Persib Bandung juga kini bekerja sama dalam penerbitan kartu ATM. 

Peluncuran kartu ATM Persib dengan tagline "Kami Darah Biru, Kamu?" bagi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (Bank BJB) untuk menyatukan komitmen Bobotoh dalam mendukung PERSIB. Peluncurannya sendiri telah dilaksanakan di Lapangan Monumen Bandung Lautan Api, Tegallega pada hari Sabtu, 18 Oktober 2014 dimana pihak event tersebut Bank BJB meluncurkan sebanyak 300 kartu.

Selain sebagai alat transaksi, kartu ATM ini juga menjadi sarana edukasi bagi Bobotoh untuk menabung dan mendapatkan kemudahan bertransaksi elektronik. Sampai mendapat berbagai keuntungan lainnya dari Persib. Kartu yang didesain dengan corak warna biru itu pun dapat dimiliki oleh Bobotoh dengan membuka tabunagn dengan saldo awal Rp. 100.000 atau bagi yang sudah memiliki tabungan dapat memperbaharui dengan edisi PERSIB jika nasabah berminat.

Ke depannya pemilik ATM ini pun akan memberikan benefit bagi Bobotoh. Ini juga salah satu langkah PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) dalam melaksanakan imbauan FIFA, di mana suporter menjadi tanggung jawab perusahaan klub. Sehingga dengan adanya pendataan ini, akan mempermudah manajemen Persib dalam melakukan edukasi serta lebih mendekatkan diri lagi dengan Bobotoh. Pada Kartu BJB-Persib terdapat fasilitas debit dan ATM Bank BJB. Setiap pemilik kartu BJB-Persib secara otomatis menjadi anggota resmi Persib.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu ATM Persib?

Untuk menjadi pemegang kartu ATM Persib, calon nasabah yang belum punya rekening tabungan BJB  terlebih dulu harus membuka rekening Bank BJB di kantor-kantor cabang dengan setoran awal Rp. 100.000,-. Melalui setoran tersebut, setiap bobotoh akan mendapatkan buku tabungan BJB-Persib, Kartu BJB-Persib, nomor keanggotaan resmi Persib yang tercantum dalam fisik kartu.

Setiap nasabah yang baru mendaftar akan mendapatkan syal atau t-shirt Persib, starter pack IM3 Persib, kartu bintang Persib, dan voucher diskon dari Corsa (sponsor Persib). Setelah memiliki kartu BJB-Persib, setiap pendaftar harus meregistrasi data pribadinya di link fan zone  www.persib.co.id. Single identify number akan tercantum pada kartu BJB-Persib. Keuntungan lainnya dari pemegang kartu BJB-Persib, yakni akan mendapatkan diskon spesial untuk pembelian jersey dan HP Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung. Fasilitas lainnya, kartu BJB-Persib pun  dapat digunakan untuk pembelian tiket pertandingan Persib.


Kartu ATM Persib: Strategi Meningkatkan DPK bagi BJB

Adapun bagi BJB, program peluncuran kartu ATM Persib ini sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan perolehan dana pihak ketiga (DPK). Dalam hal ini, BJB mempunyai jurus yang dinilai cukup ampuh demi membantu menggenjot DPK perseroan. Salah satu taktiknya yaitu merangkul kalangan pecinta Persib alias Bobotoh. Maka, perbankan milik BUMD Jabar-Banten ini pun kini berkolaborasi dengan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

Berdasarkan kerja sama itu, pihak BJB memproyeksikan saldo awal tabungan melebihi Rp50 miliar. Dalam hal ini, ditargetkan terjadinya peningkatan number of account (rekening). Dengan peluncuran kartu ATM Persib ini diharapkan terjadi penambahan satu juta rekening baru. Kerja sama ini membuat para bobotoh dapat memiliki kartu member BJB-Persib, yang pemasarannya secara nasional dilakukan melalui pembukaan rekening tabungan di setiap kantor cabang BJB.