Review

Belanja Busana Muslim di Kota Bandung





Geliat fashion di Kota Bandung bukan hanya sekadar kaos distro atau deretan busana impor di factory outlet yang menyebar di beberapa titik di Kota Bandung. Busana muslim pun telah lama menjadi trend di Kota Bandung. Trend membeli busana muslim ini bukan hanya terjadi di saat bulan Ramadhan menjelang Lebaran. Kini, Bandung telah menjadi destinasi wisata belanja busana muslim. Anda ingin belanja busana muslim di Kota Bandung? Tempat yang sudah umum di antaranya ada di Pasar Baru, Pasar Andir, kawasan tekstil Cigondewah, dan untuk gerai-gerai khusus di antaranya:


1. Busana Muslim Shafira

Brand Shafira yang sudah sukses menjalani bisnis selama lebih dari 25 tahun. Feny Mustafa adalah pendiri Shafira. Awal dari Rumah Mode SHAFIRA adalah sebuah sanggar busana muslimah yang didirikan di Bandung pada tanggal 8 Januari 1989 di Jl. Ir. H. Juanda No. 52 Lt. II.

Nama Shafira diilhami dari makna yang terkandung dalam kata “shaf” yang banyak dijumpai di dinding masjid dan berarti barisan. Dalam penafisiran yang lebih kini, Shafjuga berarti organisasi. Dari ini semua Shafira mengukir sebuah impian untuk menjadi sebuah organisasi bisnis yang besar, kuat dan sehat dengan mensinergikan kekuatan-kekuatan individu di dalamnya.

Dalam perkembangannya, Shafira mendapat dukungan positif dari masyarakat, dan seiring dengan itu mulailah dibuka toko-toko di luar kota Bandung. Hingga saat ini Shafira telah memiliki showroom yang tersebar di Medan, Pekan Baru, Palembang, Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Surabaya, Malang, Jember, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Makassar. 

Di Bandung, Anda bisa mengunjungi gerai Shafira di Jln. Buah Batu 165, telepon: (022) 91257143.

2. Alifa Shopping Centre
Ini merupakan pusat perbelanjaan busana dan perlengkapan muslim di Kota Bandung. Alifa salah satu tempat yang sudah persiapan sejak dini. Mall di Jalan BKR No 63, Kota Bandung Tel (022) 5212366.  Tempat ini merupakan pusat busana muslim paling lengkap, mulai ibu-ibu lanjut usia, ibu-ibu muda, remaja, hingga anak-anak. Selain menjual busana muslim wanita, Alifa juga menyediakan busana muslim untuk laki-laki.  Pusat perbelanjaan muslim ini buka pada pukul 9 pagi hingga jam 9 malam. Sebulan sebelum Ramadan tiba, tempat ini buka lebih lama, yaitu mulai jam 8 pagi hingga jam 10 malam.

3. Rabbani
Perusahaan ini didirikan oleh sepasang suami istri yaitu Nia Kurnia (President Direktor) dan Amry Gunawan (Vice President Direktor). Secara defacto Rabbani berdiri sejak tahun 1994 dan secara dejure perusahaan ini berdiri pada tahun 2001 (bukti akta notaris). Maka kemudian Perusahaan ini bernama CV. Rabbani Asysa atau lebih dikenal dengan tagline Rabbani Professor Kerudung Indonesia.

Asal kata Rabbani terilhami dari salah satu surat di kitab suci Al-Qur'an yaitu surat Ali Imron ayat 79 yang artinya adalah para pengabdi Allah yang bersedia mengajarkan dan diajarkan kitab Allah.

Rabbani merupakan perusahaan garmen yang bergerak dalam bidang retail busana muslim dengan tagline Professor Kerudung Indonesia. Rabbani merupakan salah satu perusahaan kerudung terbesar di Indonesia dengan mengeluarkan produk andalan berupa kerudung instan dan varian produk lain yang juga telah dikembangkan yaitu busana muslim termasuk di dalamnya baju koko, tunik, gamis, kaos tunik serta perlengkapan lain seperti ciput dan manset. Kantor pusat Rabbani berlokasi di Jl. Dipati Ukur No.44 Bandung dengan nomor Telp. 022-2534407; 2534558 Fax. 022-2504230.

4. Aarti Jaya

Merupakan pusat belanja muslim yang terletak di Jl. Inhoftank Komp. Jati Permai Ruko No.54-58 Bandung 40243 Telp :(022) 5231993 - 5231998. Di gerai ini dikenal dengan bursa sajadah. Bursa Sajadah adalah salah satu divisi usaha di PT Aarti Jaya. Bursa Sajadah konsen di bidang perdagangan ritel yang meliputi keperluan muslim, perlengkapan haji, dan oleh-oleh haji. Bursa Sajadah telah membuka lima gerainya di empat kota di Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, Bogor, dan Surabaya.

5. Kawasan Jalan Buah Batu
Nah, jika Anda ingin belanja busana muslim, kini telah hadir aneka gerai busana muslim yang terletak di Jalan Buah Batu, Bandung. Beberapa gerai busana muslimah yang ada di kawasan Jalan Buah Batu, di antaranya:
- De Moss Hijab and Fashion, Jalan Buahbatu No. 149
- Shafira, Jalan Buahbatu No. 165B
- Hazna Hijab, Jalan Buahbatu No. 151C
- House of Shasmira, Jalan Buahbatu No. 151C
- Magnifico Hijab Store, Jalan Buahbatu No. 168
- Istana Rok & Galeri Kerudung, Jalan Buahbatu No. 164
- Rabbani, Jalan Buahbatu No. 150
- Anggia Handmade, Jalan Buahbatu No. 158