Review

Bus Sekolah Gratis di Kota Bandung




Salah satu penyebab timbulnya kemacetan di beberapa titik di Kota Bandung adalah dengan jam operasional angkutan kota pada pagi hari. Para pelajar SD, SMP, dan SMA yang berangkat pagi-pagi ke sekolah banyak yang menggunakan kendaraan umum ataupun  pribadi. Sebagai salah satu upaya mengatasi kemacetan tersebut, pihak Pemerintah Kota Bandung meluncurkan bus sekolah gratis bagi para pelajar. Pada Oktober 2014, sepuluh sekolah gratis diluncurkan Pemerintahan Kota Bandung. 

Bagaimana cara agar pelajar bisa naik bus gratis berwarna kuning ini? Para pelajar tinggal menunjukkan kartu pelajar dan akan diantarkan oleh bus yang baru membuka dua rute. Bus sekolah gratis dapat menampung sekitar 60 pelajar tiap busnya. Dengan komposisi 30 penumpang duduk dan 30 lainnya berdiri. Bus sekolah gratis dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan dengan target penumpang yaitu pelajar yang selama ini menggunakan kendaraan pribadi atau diantar oleh orangtua mereka.

Bus tidak mengambil jatah penumpang angkot ini tujuannya mengurangi kemacetan. Orangtua yang biasanya mengantarkan anaknya ke sekolah bisa mengantarkan ke selter bus. Untuk saat ini, pihak Pemkot baru bisa menyediakan sepuluh kendaraan dan tahun depan jumlah bus sendiri akan bertambah dengan fasilitas yang lebih menunjang. Pada 2015, bus sekolah ini rencanaya akan lebih banyak lagi. Dimana, pada pengembangannya akan disediakan WiFi gratis di dalam bus.

Waktu Operasional dan Rute

Waktu operasional bus sekolah gratis yaitu:
- Shift 1 (pagi) pukul 05.00-07.30
- Shift 2 (siang) pukul 11.00-14.00 
- Shift 3 (sore) pukul 16.00-18.30.

Dua rute bus sekolah gratis tersebut, yaitu:

BS 01 Antapani-Ledeng (Pergi) : Terminal Antapani-Jl. Terusan Jakarta-Jl. Jakarta-Jl.Supratman-Jl. Lapang Supratman-Taman Pramuka-Jl. LL. Martadinata (Riau)-Jl. Merdeka-Jl. Wastukencana-Jl. Pajajaran-Jl. Cipaganti-Jl. Dr. Setiabudi-Terminal Ledeng.

BS 01 Ledeng-Antapani (Pulang): Terminal Ledeng-Jl. Dr. Setiabudi-Jl. Cihampelas-Jl. Wastukencana-Jl. LL. Martadinata (Riau)-Jl. Ahmad Yani-Jl. Ibrahim Ajie-Jl. Terusan Jakarta-Terminal Antapani.

BS 02 Dago-Leuwi Panjang (Pergi): Terminal Dago-Jl. Ir. H. Juanda-Jl. Merdeka-Jl. Tamblong-Jl. Lembong-Jl. Lengkong Besar-Jl. Lengkong Kecil-Jl. Inggit Ganasih-Jl. Otista-Jl.Peta-Jl. Leuwi Panjang-Terminal Leuwi Panjang.

BS 02 Leuwi Panjang-Dago (Pulang): Terminal Leuwi Panjang-Jl. Leuwi Panjang-Jl.Peta-Jl. M. Ramdan-Jl. Karapitan-Jl. Sunda-Jl. Sumbawa-Jl. Belitung-Jl. Sumatera-Jl. Aceh-Jl. Seram-Jl. LL. Martadinata (Riau)-Jl. Ir. H. Juanda-Terminal Dago.