Review

Bandung Punya Dua Bus Bandros Baru





Setelah salah satu Bandung Tour On Bus (Bandros) dari bantuan corporate social responsibility (CSR) dari salah satu provider telepon seluler, Pemkot Bandung kembali menerima bantuan dua unit bus Bandros dari CSR sebuah bank. Bus warna kuning ini berwarna kuning senilai Rp. 1,9 miliar. 

Update layanan Bus Bandros: lihat di sini

Bentuk bus Bandros kuning ini sama seperti bentuk bus Bandros merah, yakni bus terbuka dua tingkat. Kapasitasnya untuk 30 orang, dengan tempat duduk yang di desain lurus dan melengkung di lantai dasar bus dan kursi hadap depan di tingkat dua. Di bagian belakang dibiarkan terbuka bagi penumpang yang ingin berdiri. Penggunaan ornamen kayu semakin memperkuat nuansa klasik bus tersebut.

Bagian depan bus terdapat logo bertuliskan Bandros. Yang membedakan dengan bus merah yakni desain gambar logo Bandros. Bus merah diberi angka 01 sementara bus kuning ini diberi nomor 02. Bus Bandros kuning ini nantinya akan dikelola oleh Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung yang juga mengelola bus Bandros warna merah. Bus Bandros tidak bisa dikelola Pemkot karena kurang SDM. Jadi bus ini ni dari pihak ketiga, dikelola oleh pihak ketiga. Pemkot Bandung hanya sebagai perantara.

Dua bus Bandros ini diharapkan bisa menjadi idola baru setelah bus Bandros merah yang setiap hari mengantar wisatawan dan warga Bandung keliling kota. Dua unit bus Bandros diharapkan juga bisa memenuhi antusiasme warga dan wisatawan yang ingin berkeliling kota Bandung menggunakan bus yang memiliki desain klasik tersebut.

Sementara Wali Kota Bandung, Kang Emil berharap ada 30 Bandros yang dapat beroperasi dan berkelililing mengikuti 3 jalur wisata yang ada di Kota Bandung. Sehingga nantinya wisatawan lokal dan mancanegara tinggal naik Bandros untuk berkeliling Bandung, kendaraan pribadi mereka simpan saja di hotel tempat mereka menginap. Sang Wali Kota pun mengajak para pengusaha untuk dapat mewujudkan mimpinya tersebut. Bila hanya mengandalkan APBD saja, mimpi itu sulit terwujud dalam waktu cepat.

Update Reservasi Bus Bandros
Bandros sudah dipindah kelola yang asalnya dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung kini oleh komunitas Masyarakat Peduli Bandung (Mang Dudung).

Pengelola Bus Bandros dari Komunitas Mang Dudung, Poppy menjelaskan, Bus Bandros bisa dinaiki secara gratis oleh perorangan, namun harus melakukan registrasi sehari sebelumnya. Sedangkan untuk reservasi dikenai biaya Rp 800.000 per unit selama 8 jam.

Bus Bandros ini akan berwisata memutari sejumlah tempat terkenal dan bersejarah di Kota Bandung, seperti taman-taman tematik hingga Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika. Untuk shelter tempat naik atau penyewaan ada di Taman Cibeunying Bandung.

"Ada enam unit Bus Bandros, satu unit untuk reguler, dan lima sisanya bisa disewa oleh umum. Untuk yang disewa bisa dijemput langsung ke tempat, kalau reguler naiknya di Taman Cibeunying," terangnya.

Rute Bus Bandros reguler ini pun akan mengelilingi Bandung berkisar antara 45 menit hingga 1 jam. Penumpang tidak diperkenankan turun dari bus selama beroperasi, karena disediakan seorang tour guide untuk menjelaskan titik-titik tempat yang dilewati. Bus Bandros beroperasi mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB serta berkapasitas 22-25 orang didalamnya.

Informasi lebih lengkapnya Anda bisa hubungi call center Bandros: 0896-2203-3971 (Poppy)