Review

Menikmati Keindahan Wisata Bunga Cihideung





"Bandung Kota Kembang" julukan itu walau dari sejarah mempunyai ragam persepsi,  namun di Bandung sendiri memang dikenal dengan bunga. Bunga menjadi tanaman favorit untuk sekadar melepas lelah dengan konsep kembali ke alam. Apalagi jika Anda mungkin ingin menikmati semerbak bunga atau ingin membeli tanaman bunga untuk koleksi di rumah. Jika Anda penggemar bunga, bisa mendatangi kawasan Bandung utara tepatnya di kawasan Cihideung.

Tepatnya di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan argowisata ini bisa ditempuh kurang lebih sekitar 20 Km dari Kota Bandung. Untuk menuju kawasan wisata bunga ini, lokasinya sekitar 4,7 km dari Jalan Sersan Bajuri (dari arah Kampus UPI ke ada pertigaan terminal Ledeng belok kiri. Anda juga bisa masuk dari arah Cimahi. Ketika sampai di kawasan Cihideung, Anda bisa melihat luas lahan sekitar 50 hektar yang dipenuhi aneka tanaman bunga.

Baca juga: Taman Miniatur Kereta Api Terluas Se-Indonesia di Floating Market Lembang

Memang dari dulu kawasan ini dikenal dengan para penduduknya yang bercocok tanam bunga. Anda akan menjumpai hamparan kebun bunga dengan segala macam variasinya yang sedap dipandang dan tentunya membawa nuansa keindahan tersendiri. Di sini, Anda bisa menjumpai bungan krisan, mawar, gladiol, aster, hingga pohon buah jeruk kimkit. Selain bisa melepas lelah dengan memandang bunga-bunga, tentunya Anda bisa juga bisa membeli tanaman bunga. Para penjaga kebun bunga akan siap mengantar Anda berkeliling melihat-lihat bunga. Anda juga bisa membeli polybag, pot, atau pupuk. Bahkan, Anda juga bisa memesan aneka karangan bunga untuk acara atau event tertentu. 

Para penduduk di sini biasa menjual beberapa bibit tanaman buah-buahan, sayur-sayuran, bonsai, tanaman hias, tanaman buah cangkok,tanaman langka, dan tanaman rawa seperti teratai yang benihnya diimpor dari Cina, Jepang dan Korea. Anda pun dapat membeli pohon cemara, kamboja, geranium, dan lain-lain. Di sini juga sekarang mulai menjamur adanya penginapan-penginapan (villa) dan juga cafe. Ini merupakan imbas karena mulai banyaknya para pelancong yang mengunjungi kawasan Cihideung ini.

Baca juga: Menikmati Kuliner dan Suasana Ala Pilemburan di Sapu Lidi

Anda akan menemukan suasana pegunungan yang asri khas Bandung di sini. Namun, memang sayangnya jalan di sini masih termasuk sempit.  Untuk Anda yang ingin sekalian ke tempat wisata lainnya, di sini tempat wisata dan kuliner yang dekat di antaranya ada Kampung Gajah, Graha Puspa, Fame Station, atau Kampung Daun Gallery & Cafe.