Review

Event Pasar Seni ITB, 23 November 2014




Gelaran empat tahunan, Pasar Seni ITB, kembali akan dilaksanakan pada Minggu, 23 November 2014. Tahun ini, Pasar Seni ITB mengangkat tema "Antara Aku, Kita, dan Semesta". Latar belakang tema ini merupakan tanggapan akan kejanggalan yang dialami individu di era informasi zaman digital ini. Hal ini dengan melihat fenomena dan realita perubahan yang dibawa dan disebarkan dalam dunia internet serta media sosial. Dalam hal ini, tema menyoroti dimana kesendirian menjadi suatu hal yang sulit didefinisikan dalam era gempuran jejaring komunikasi dan interaksi di dunia maya.

Event yang digelar mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain ini kembali rutin digelar sejak 1972. Adapun pada empat tahun acara ini sebelumnya digelar pada 10 November 2010 (10-10-10). Dalam acara kali ini, panitia menyediakan 365 stan penjualan barang dan produk hingga sajian kuliner. Selain itu, ada pula tujuh wahana dan tiga buah panggung pentas musik. Sementara target pengunjung, pihak panita menargetkan sekitar 500.000 orang. Adapun untuk masuk ke lokasi event, panitia membebaskan pengunjung masuk ke arena. Lokasinya sendiri di dalam kampus ITB Jalan Ganesha.

Acara yang sudah sebelas kali digelar ini, selalu dibalut dengan tema tertentu sesuai dengan permasalahan sosial. Pada era 1970-an ketika pertama kali digelar, Pasar Seni ITB mengangkat tema terkait dengan seni yang tidak dikenal masyarakat luas. Sementara pada era 1980-an, temanya tentang persaingan industri kreatif di masa pembangunan. Pada 1990-an, temanya adalah persoalan tata ruang sosial masyarakat, terutama kebebasan berekspresi. Kemudian Pasar Seni pada era 2000-an bertema tentang kaburnya identitas karena kuatnya arus informasi. Terakhir pada 2010-an ini temanya adalah kurang sadarnya masyarakat akan identitas keilmuan.

Informasi dan Kontak
♦  Facebook: https://www.facebook.com/pasarseni2014
♦ Twitter: https://twitter.com/pasarseni2014

Denah lokasi Parkir:

[Klik gambar untuk ukuran lebih besar]