Review

Menikmati Sensasi Kehangatan Bandrek dan Bajigur Minuman Khas Bandung




Jika Anda para pelancong ke Kota Bandung, pasti merasakan hawa kota ini yang lumayan dingin dan kadang bikin badan noroktok (mengigil). Apalagi jika Anda berkunjung ke kawasan Bandung utara atau Bandung selatan. Di daerah pegunungan, rasa hawa dingin ini dapat dihangatkan dengan menyeruput segelas bandrek bersama camilan khas Sunda. 


Bandrek
Bandrek adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat. Bandrek adalah minuman rakyat Priangan yang biasa dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Minuman ini cocok dihidangkan saat cuaca dingin, kala hujan, ataupun pada malam hari. 

Dibalik kehangatan dan harumnya aroma bandrek terdapat bahan dasar jahe dan gula merah. Sebagai variasi rasa, kita juga bisa menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat. Kita bisa menambahkan serai, merica, pandan, telur ayam kampung, susu, atau ditambahkan serutan kelapa. Minuman ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan lain sebagainya. 

Di Bandung, masih banyak penjual bandrek yang dijajakan secara berkeliling atau yang biasa mangkal. Anda juga bisa menikmati bandrek di kawasan-kawasan wisata, misalnya di daerah Ciwidey, Pangalengan, Lembang, Dago, dan tempat-tempat lainnya. Minuman hangat ini cocok jika dikonsumsi bersama kacang rebus, ubi jalar rebus, dan juga gorengan (bala-bala, gehu, pisang goreng, dsb).

Bajigur
Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili.

Minuman yang disajikan hangat ini biasa dijajakan bersama Bandrek, kacang rebus, ubi rebus, klepon, dan lain sebagainya dalam satu gerobak. Dalam penyajiannya, kadangkala ditambah dengan sedikit kolang-kaling (cangkaleng/caruluk = Bahasa Sunda) yang diiris tipis. Bajigur paling pas untuk dinikmati kala hujan ataupun cuaca dingin.

Lokasi Penjual Bandrek dan Bajigur di Bandung
1. Warung Bandrek
Jika Anda ingin mencoba merasakan sensasi kehangatan minuman bandrek dan bajigur di daerah Bandung utara, bisa mencobanya di sekitar wisata Dago Pakar, Taman Hutan Raya, dan Curug Dago. Tempat ini kerap kali dijadikan jalur berwisata menggunakan sepeda, namanya Warung Bandrek. Setelah Anda menggoes sepeda, bisa beristirahat sambil meminum bandrek.

2. Bajigur & Bandrek Hj. Maemunah
Untuk kawasan di Bandung tengah, Anda bisa mencobanya di Bajigur & Bandrek Hj. Maemunah. Alamatnya di Jl. Cisangkuy Bandung. Selain bajigur dan bandreknya, di sini terkenal dengan gorengan nangka dan gorengan tahu isi (gehu).

3. Bandrek dan Bajigur Jalan Cilaki
Tempat lainnya ada di kawasan Jalan Riau. Anda bisa mengunjungi Bandrek dan Bajigur Cilaki, tempat ngopi–ngopi murah meriah ini adanya di pelataran trotoar Jalan Cilaki, Bandung (seberang Roemah Nenek Cafe & Resto).

4. Bandrek Abah, Ciwidey

Jika Anda kebetulan sedang melancong ke daerah Bandung Selatan, bisa nyimpang heula ka Bandrek Abah. Lokasinya di Jln. Raya Ciwidey-Rancabali, Km. 13, Cimanggu, Ciwidey. Telepon (022) 5928807. andrek Abah adalah minuman tradisional yang berkhasiat untuk menyegarkan tubuh. Berasal dari Ciwidey Kabupaten Bandung, berdiri sejak tahun 1982 dipelopori oleh seorang kakek (Alm.) yang senantiasa dikenal dengan sapaan ‘Abah’. Bandrek Abah terbuat dari 100% bahan-bahan alami, sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi orang yang mengkonsumsinya dan sangat cocok bila diminum di malam hari.

Bandrek Instan
Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang banyak dijual bandrek dan bajigur dalam kemasan instan. Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh di sekitaran kawasan wisata di Kota Bandung. Malah, banyak juga yang menjualnya secara online. 

Jika Anda ingin membeli bandrek dan bajigur kemasan instan bisa membeli di Bajigur dan Bandrek MY & ME yang diproduksi oleh perusahaan PT. Pusaka Kujang Mas sejak tahun 2005 di Soreang Kab. Bandung. Alamatnya di Jln. Sindang Wargi No. 70 Citaliktik, Soreang  Kab. Bandung. Telp. (022) 5892447. 

Produk bandrek instan lainnya ada Bandrek Hanjuang di  Jl. Gegerkalong Girang 79 Bandung. Workshop
Jln. Cihanjuang 204 Cimahi. Tlp. / Fax. (022) 86615622.

Ada juga kemunculan produk dengan label Bandrek Bandung. Anda bisa membelinya di toko-toko sentra oleh-oleh yang ada di kawasan wisata di Bandung atau membelinya secara online. Silakan Googling atau search di Twitter.