Review

Pameran Tunggal Adhya Ranadireksa




1. Pameran Tunggal Adhya Ranadireksa
Si Tintin Positif
Pembukaan Pameran: Sabtu, 29 November 2014
Waktu: pukul 14.00 WIB – selesai

Adhya Ranadireksa kembali memamerkan karya-karya terbarunya dengan judul Si Tintin Positif yang diolah dari berbagai karakter dalam komik Tintin. Ia membangun sebuah gerai kecil di ruang galeri s.14 yang “menjajakan” hasil kreasinya berdasarkan komik Tintin. Bermula dari kegemarannya pada cerita petualangan wartawan karangan Hergé ini dan keinginannya untuk mengoleksi, Adhya menyadari mahalnya benda-benda dagangan resmi (merchandise) yang berhubungan dengan Tintin itu. 

Ia kemudian berpikir untuk memproduksinya sesuai dengan imajinasinya sendiri namun tetap bertolak dari karakter-karakter di dalam komik. Gagasannya itu kemudian berkembang. Adhya “mempermainkan” tanda-tanda yang telah dikenal sebelumnya. Dengan memparodikan sejumlah adegan dalam komik tersebut berupa patung, poster, kaos, fotografi, Adhya membangun tanda-tanda baru atas Tintin. 

Tak hanya itu, dalam pameran ini Adhya juga menambahkan suatu “aspek yang sangat khusus” dibalut dengan humor kecut yang khas. Karya-karyanya berhasil keluar dari sekedar plesetan biasa. Karena itu, dengan memajukan “aspek” tersebut, Adhya semakin memperkaya metafor karya-karyanya. Melalui rekonstruksi “merchandise Tintin” ini, karya Adhya mengajak kita untuk mendiskusikan kembali hal-hal tentang orientalisme, politik kapitalisme global, fenomena jihad dan Islam, serta menyoroti kemunafikan suatu kaum. 

Profil Seniman
Lahir dan besar di Bandung, Adhya Ranadireksa menamatkan studinya di Instituto Europeo Design di Roma, Italia (1994-1997). Ia mengambil studi utama fotografi still-life. Sekembalinya ke tanahair, Adhya beberapa kali mendirikan studio dan ruang untuk mengekplorasi fotografi, baik pengembangan teknik maupun wacananya, antara lain: Studio CREATORIVM Commercial Photo & Graphic Design, Hypnosis photography agency keduanya di Jakarta. Dia juga turut membentuk kelompok Illuminati yang fokus pada ekplorasi dan eksperimen fotografi kontemporer. Karya-karya Adhya telah dipamerkan baik di tingkat nasional dan internasional. Saat ini ia mengajar sebagai dosen fotografi di UNPAS Bandung.

RANGKAIAN PROGRAM s.14
29 NOVEMBER – 29 DESEMBER 2014

Berbagi Cerita:
Tentang Tintin bersama Seno Gumira Ajidarma
Jumat, 12 Desember 2014, pukul 14.00 WIB – selesai
Terbuka untuk UMUM dan GRATIS,
RSVP : Sufty +6285793100953

Public Workshop :
3 Days Workshop on Sculpting & Still Life Photography
bersama Adhya Ranadireksa
19 – 21 Desember 2014
Peserta Terbatas (Remaja & Dewasa),
Biaya Peserta Workshop Rp. 300.000,- (UMUM), Rp. 250.000,- (Member Perpustakaan s14), biaya sudah termasuk bahan/material workshop dan sertifikat.

Bedah Karya & Kopi Sore:
Berbagi inspirasi Proses Kreatif di balik karya Tintin
Bersama :
Adhya Ranadireksa, seniman fotografi
Hari Prasetyo (hariprast), desainer/ilustrator Jokotintin untuk Demokreatif
Sabtu, 20 Desember 2014 | Pukul 14.00 WIB - selesai

Kajian Pustaka #8:
MEDIA ALTERNATIF bersama Edwin Jurriens
Sabtu, 27 Desember 2014 | Pukul 14.00 WIB – selesai
Terbuka untuk UMUM dan GRATIS,
RSVP : Fajar +62 8211899 1931

Perpustakaan s.14 
Jl. Sosiologi No. 14 Komp. Perum UNPAD
Cigadung · Bandung 40531