Review

Ingin Menyaksikan Pesta Kembang Api Malam Pergantian Tahun Baru? Ke Dago Saja!




Seperti biasa, malam pergantian baru diisi dengan kegiatan penyalaan kembang api. Begitu juga rencananya pada malam pergantian tahun 2014 ke 2015 kali ini akan digelar pesta kembang api di seputaran Dago Bandung. Menurut Kepala Dibudpar Kota Bandung Jalan Dago akan ditutup jam 12.00 WIB dari Hotel Geulis di Jalan Teuku Umar sampai Taman Cikapayang, untuk kuliner. 

Sementara  rangkaian acara tahun baru dimulai  pukul 08.00 WIB peresmian bersama Taman Alun-Alun Bandung bersama siswa pelajar usia dini (PAUD). Lanjut pada pukul 12.00 WIB Jalan Ir H Djuanda akan ditutup untuk memulai acara dan kegiatan kuliner.

Di lokasi acara disediakan 2 panggung utama satu di depan Hotel Geulis dan satu lagi di dekat Taman Cikapayang. Acara pentas musik disiapkan di kawasan Dago jelang detik-detik perayaan pergantian tahun. Sejumlah artis tenar dijadwalkan berpartisipasi menghibur warga Bandung. Di Dago sendiri rencannya akan dihibur oleh Armada Band dan Cakra Khan.

Direncanakan pada pukul 14.00 WIB akan dilakukan launching buku. Kemudian, pukul 15.45 WIB acara pemberian penghargaan kepada para pengusaha taxi dan sopir serta pengenalan polisi pariwisata. Malam harinya, bada Isya, di lokasi sama digelar Istiqosah

Dalam rangka menyambut tahun baru, hotel, restoran, dan kafe juga sudah ‎​ada yang mengajukan permohonan menggelar acara tahun baru. Sudah ‎​ada sekitar 40 lokasi. Dengan demikian, banyaknya kegiatan di beberapa tempat wisata tersebut, titik kumpul bisa tersebar. Dengan begitu, pusat-pusat keramaian akan terbagi di sejumlah titik. Dan tentunya hal ini bisa sedikit mengurai kemacetan.

Untuk titik-titik perayaan menjelang tahun baru di Bandung yang menjadi tumpah ruah massa biasanya di Alun-Alun, Lapangan Tegallega, Lembang, dan Lapangan Gasibu. Namun pusat keramaian yang digelar Pemkot Bandung berada di Dago. Event malam pergantian tahun baru ini akan diliput live oleh televisi swasta nasional. Agar kegiatan berjalan aman dan tertib, pihak Pemkot Bandung berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung. Termasuk membahas titik-titik dilarang parkir kendaraan untuk mencegah kemacetan.

Sebagian besar dana perayaan berasal dari pihak sponsor. Dinas mengeluarkan dana Rp 176 juta untuk menyewa dua panggung beserta sistem lampu dan suara. Pengamanan perayaan malam tahun baru tesebut, melibatkan petugas kepolisian serta 33 orang polisi pariwisata.