Review

Malam Tahun Baru 2016 di Kota Bandung Tidak Ada Kembang Api




Warga Bandung yth, dihimbau tidak ada kembang api saat pergantian tahun, utk menghormati banyaknya musibah di pelosok negeri ini.

Demikian kicauan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil yang ditulis di akun Twitter @ridwankamil pada sore hari menjelang perayaan pergantian tahun 2015 ke 2016. Sikap empati akan terjadinya berbagai musibah di negeri ini, membuat sang Wali Kota menghimbau agar warganya tidak hura-hura dan berpesta pora di saat saudara-saudara kita yang lain sedang dirundung duka.

Momen pergantian tahun baru di Kota Bandung diiringi juga dengan hujan yang mengguyur Kota Bandung sejak sore hingga malam. Bahkan dilihat dari beragam laporan di jejaring sosial, beberapa titik yang biasanya pada malam hari menjadi lokasi keramaian terpantau belum meriah. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sejak sore beberapa kawasan titik konsentrasi perayaan tahun baru biasanya mulai dipadati kendaraan.

Menjelang pergantian tahun baru 2015 kali ini, sebuah panggung berdiri di Taman Cikapayang, Jalan Djuanda (Dago). Arus lalu lintas di kawasan Dago, Dipatiukur, dan sekitar Gasibu masih terpantau lancar.  Namun, berdasarkan pantauan hingga pukul 21.00, masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun ini mulai bergerak ke titik-titik konsentrasi massa, misalnya di kawasan Gasibu dan Gedung Sate (Jalan Diponegoro dan sekitarnya). Hingga menjelang pukul 22.00, sebagian masyarakat mulai bergerak ke arah Bandung Utara, salah satunya kawasan Gasibu. Hal ini mungkin karena hujan pun di beberapa kawasan mulai reda. Titik-titik kemacetan kendaraan pun mulai terasa.

Sebagian masyarakat banyak yang lebih memilih untuk istigosah di Pusdai Jln. Diponegoro, Bandung.  Sementara sebelumnya, beberapa titik di kawasan Bandung Utara sudah disiapkan untuk kegiatan menyambut tahun baru, seperti di daerah Dago. Ada pula event lain yang diadakan yaitu Konser Pesta Rakyat oleh salah satu TV swasta yang diisi artis papan atas. Even ini sebagai rangkaian acara untuk menyambut malam tahun baru yang disiarkan langsung puku 23.00 WIB dari Bandung.