Review

Titik-Titik Pengamanan Malam Tahun Baru di Kota Bandung




Untuk menyambut malam pergantian tahun baru, Polrestabes Bandung menetapkan beberapa titik fokus pengamanan. Sementara untuk pengamanan tahun baru, Polrestabes Bandung menyiagakan 3.574 personel. Para personel tersebut akan disebar di tujuh titik di kawasan Kota Bandung. Inilah ketujuh titik tersebut:
 
1. Kawasan Dago - Cikapayang
Jalur Dago-Cikapayang, Polrestabes menindaklanjuti permintaan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk dilakukan penutupan jalur. Di sepanjang jalur yang biasa digunakan Car Free Day itu, nantinya akan digelar berbagai acara menjelang perayaan tahun baru. Untuk rekayasa jalur lalu lintas karena penutupan jalur Dago-Cikapayang itu, kendaraan yang hendak menuju jalur car free day itu dialihkan ke arah Monumen Perjuangan dan juga ke arah ITB.

2. Kawasan Lapangan Gasibu 
Petugas juga akan melakukan sterilisasi kendaraan di Jln. Cilamaya (sekitar Lapangan Gasibu). Pengguna jalan di Lapangan Gasibu bisa memarkirkan kendaraannya di Jalan Cilamaya. Sedangkan untuk Jalan Sentot, diusahakan agar tetap digunakan dan arus lalulintas di Jalan Sentot itu harus tetap lancar.

Jika ada penumpukan kendaraan di Jln. Sentot Alibasyah, saat detik-detik pergantian tahun, petugas akan langsung menutup jalur tersebut. Sedangkan kendaraan yang mengarah ke Lapangan Gasibu, akan diarahkan menuju Pusdai atau ke arah flyover Pasupati. Nantinya, di sepanjang flyover Pasupati itu ada petugas yang akan mengatur arus lalulintas.

3. Kawasan Jalan Asia Afrika
Untuk pengamanan di sepanjang Jalan Asia Afrika akan di fokuskan di sekitaran Gedung Merdeka dan masjig Agung. Hal itu dikarenakan, akan dilakukan pengajian dan doa bersama di Masjid Agung. 

4. Kawasan Jalan Gatot Subroto 
Untuk kawasan ini di depan TSM, pihak Polrestabes memprediksi akan terjadi penumpukan kendaraan. Hal itu dipicu kondisi ruas jalan yang tidak terlalu lebar dan diperkirakan akan terjadi kemacetan lalulintas.

Sedangkan untuk kawasan lainnya yaitu di sekitar Pasteur-Jalan Layang Pasupati juga kawasan Ujungberung di Bandung Timur.