Review

Inilah Tempat-Tempat Wisata Pemancingan di Bandung





Memancing merupakan kegiatan yang mengasyikkan untuk melepas penat. Bagi sebagian orang malah ada yang kecanduan memancing. Namun, tak sedikit pula yang memancing sekadar hobi atau untuk melepas penat di hari-hari ketika waktu Anda liburan. Anda bisa memancing bersama keluarga, teman-teman, atau acara kantor. Apalagi biasanya kegiatan memancing diakhiri dengan kegiatan botram atau makan bersama. 

Begitu nikmatnya ketika ikan hasil pancingan Anda diolah, baik dibakar atau digoreng, kemudian dihidangkan dan disantap bersama keluarga di saung. Selera makan akan tambah nikmat jika Anda makan ikan bakar atau ikan goreng yang dipadukan dengan sambal terasi, sambal kecap, atau sambal jahe, serta lalap-lalapan.

Nah, bagi Anda yang ingin mengisi liburan dengan memancing, di Bandung ada beberapa pilihan untuk kegiatan memancing. Tempat-tempat pemancingan ini ada yang memang kolam khusus ataupun kolam yang di tempat wisata. Berikut beberapa tempat untuk memancing:

1. Pemancingan Daerah Mengger
Mengger terkenal dari dulu sebagai tempat pemancingan. Daerah ini berada di Bandung selatan. Lokasinya di dekat Kampus Telkom University, persis di belakang Perumahan Batununggal Indah Bandung. Anda bisa mencapai kawasan Mengger melalui Jalan Sukaati (sebelah gedung LEN) di Jln. Soekarno-Hatta/seberang Jalan Pasirluyu. Anda tinggal masuk dari Jln. Sukaati, menuju perkampungan penduduk. Terus saja dari Jembatan Perumahan Batununggal. Sebelum mencapai kampus Telkom University, di sana ada area persawahan, nah lokasi pemancingan di daerah persawahan Mengger ini. Anda bisa memesan kolam untuk memancing. Tempat ini biasanya ramai pada akhir pekan.    

2. Pemancingan Situ Umar, Lembang
Jika Anda ingin memancing sekalian liburan di kawasan Bandung utara, bisa mendatangi pemancingan Situ Umar. Letaknya di Jl. Raya Lembang (belakang Grand Hotel Lembang) atau sekarang lebih dikenal dengan wisata Floating Market Lembang. Telp : 022-2786770. Di pemancingan Situ Umar, ada dua  jenis pilihan: mau memancing di kolam harian dan atau kolam kolam Galatama (lomba). Jika Anda memancing bersama keluarga pilih saja memancing harian. Nanti, hasil pancingan Anda dan keluarga biasanya akan ditimbang dan pembayaran dilakukan berdasarkan berapa kilogram ikan yang bisa dipancing.

3. Pemancingan Bonita Saung Wargi
Bonita Saung Wangi yang terletak di Jalan Kolonel Masturi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini erdiri di atas tanah seluas 1,3 hektar dengan berbagai fasilitas menarik. Beberapa fasilitas tersebut antara lain, saung atau bangunan kayu berjumlah 38 buah, yang di sampingnya tempat pemancingan yang sangat luas dan menyediakan berbagai berbagai jenis ikan, diantaranya ikan bawal, mas, dan gurame. Selain itu, bagi anda yang membawa keluarga, jangan lewatkan untuk menikmati permainan alam berupa flying fox, mini zoo, outbound, dan play ground.

Di area memancing ini terdapat rumah makan dan kolam ikan kecil. Tentunya kolam tersebut bukan hanya sekadar hiasan, karena pengunjung dan anak-anak dapat menggunakannya atau menyewa alat pancing, membeli umpan, dan memancing ikan, sangat nyaman menjadi tujuan wisata keluarga.

Jika Anda tidak membawa alat memancing sendiri, bisa menyewa di tempat-tempat pemancingan yang tersebut tadi. Cukup murah, hanya sekitar belasan ribu rupiah, pengunjung sudah mendapat satu paket beserta umpan.

Sama seperti di tempat pemancingan lain, pengunjung yang memperoleh hasil pancing, ikan-ikan kemudian ditimbang dan dihitung perkilogram sesuai harga pasaran. Jika Anda ingin sekalian makan, mintalah pihak pengelola rumah makan untuk mengolah ikan-ikan hasil tangkapan Anda tersebut. Ikan hasil pancingan Anda bisa digoreng, dibakar, disop (bening), atau digulai. Adapun olahan ikan itu biasa disajikan dengan nasi putih, nasi liwet, sambal, dan aneka lalapan.

4. Pemancingan Cipaku
Letaknya berada di belakang Cipaku Garden Hotel, Jln. Cipaku Indah XI. Masuk dari belokan/seberang Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Ikuti jalan ke bawah kompleks perumahan. Nanti di sana ada area Eco Bambu Cipaku, Kolam Renang, dan Cipaku Garden Hotel. Pemancingan berada di antara hotel dan kolam renang. Suasananya asyik banget, dengan rimbunnya pepohonan dan adanya aliran air di sungai yang sangat jernih dari mata air. Di sini kita bisa memesan untuk olah ikan. Salah satunya yang paling nikmat olahan ikan acar kuning khas Saung Kemangi. Tempat ini sangat cocok buat bawa anak-anak. Anak-anak selain memancing bisa bermain di area sekitar kolam yang luas.

5. Pemancingan di Ciparay dan Majalaya
Bagi Anda yang ingin memancing di kolam biasa (bukan tempat wisata), bisa mencobanya di daerah Bandung selatan lainnya, tepatnya di daerah Ciparay dan Majalaya. Di daerah Ciparay banyak pemancingan, salah satunya kawasan ke arah Jln. Cikoneng. Dari Terminal/Pasar Ciparay ke atas ke arah selatan. Di Majalaya yang terkenal dengan industri sarungnya ini banyak tersebar kolam-kolam pemancingan, salah satunya di daerah Cipaku. 

Di dekat kawasan antara Bandung selatan dan Bandung timur ini, banyak juga pemancingan di daerah Gedebage. Ke sebelah timur lagi, ada juga di daerah Jatinangor (kawasan Sayang) dan daerah Cicalengka di daerah Dampit (dekat objek wisata Curug Cinulang). Jika Anda ingin merasakan sensasi lain, bisa memancing di kawasan Waduk Saguling di Kabupaten Bandung Barat.