Review

Buku Kumpulan Kicauan Ridwan Kamil




"Saudara kita di Kota Bandung masih banyak yang sulit dan membutuhkan, mending uang dari penjualan buku ini digunakan untuk mereka," demikian kata Kang Emil pada acara launching bukunya di salah satu toko buku di Kota Bandung. Ridwan Kamil tidak berharap dengan royalti. Ia menyerahkan urusan royalti dan penjualan ke  penerbit. 

Sumber: https://twitter.com/ata_lia
Adapun jika ada royalti dari buku tersebut, akan digunakan untuk kepentingan sosial di Kota Bandung. Buku #TETOT: Aku, Kamu, dan Media Sosial diluncurkan pada Minggu, 18 Januari 2015. Buku dengan cover karikatur Ridwan Kamil berwarna putih itu dibanderol dengan harga Rp66.000.

Pemilihan judul #Tetot  dipilih Kang Emil karena simpel dan mudah diingat. Namun publik yang aktif di dunia maya lebih mengenal judul tersebut dari "serangan balik" Ridwan Kamil akan kicaua-kicauan sang pengacara, Farhat Abbas. Akan tetapi, judul adalah judul biarkan sang empunya buku yang punya imajinasi sendiri akan pemilihan judul tersebut. Ridwan Kamil sendiri berharap buku ini memberikan setitik sumbangsih bagi perkembangan Kota Bandung. 

Bagi Ridwan Kamil, buku ini tiada lain sebagai ajang katarsis ketika dia menumpahkan ide-ide dan ekspresinya di dunia microblogging Twitter. Buku yang disusun selama satu bulan ini isinya tentang akun twitter Ridwan Kamil. Selama ini sang Wali Kota punya cara bagaimana menyampaikan pesan pribadi dan program Kota Bandung tanpa jarak dengan media sosial. Ia selama ini tidak pernah punya admin, jadi ia sendiri yang menulis kicauan-kicauan atau menanggapi segala laporan dari masyarakat.
- Taman Bacaan, Perpustakaan, dan Toko Buku di Bandung yang Berbasis Komunitas

Buku karya Wali Kota yang pernah jadi dosen ITB ini, berisi kumpulan tweet, foto, dan video seputar Bandung. Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (RK), memang selama ini dikenal sebagai pejabat yang aktif menggunakan media sosial Twitter sebagai media komunikasi dengan warga. 

Bukan hanya menjawab pertanyaan mengenai pemerintahan atau masalah seputaran Bandung, tak jarang Ridwan Kamil pun meladeni pertanyaan ngacapruk warga bandung, dari urusan pengendara yang buang sampah sembarangan hingga soal curhat jomblo. Meski aktif menjawab sang Wali Kota memastikan jika dirinya tetap fokus untuk mengatasi permasalahan nyata di lapangan. *(A-001)

Video profil Ridwan Kamil: Tonton di sini