Review

Citilink Resmi Membuka Penerbangan Bandung - Lombok dari Bandara Husein Sastranegara




Lombok merupakan destinasi wisata yang eksotis di Nusa Tenggara Barat (NTB). Objek wisata di Lombok terkenal dengan keindahan pantai, kuliner, seni-budaya, kerajinan tradisional, hingga wisata alam pegunungan. Salah satu pantai eksotis di sana mempunyai “kembaran nama” di Bali, yaitu Pantai Kuta. Pantai denga pasir berwarna putih dengan debur ombak yang sangat bersahabat. Di pantai ini pun ada kaitannya dengan legenda masyarakat setempat yang sangat terkenal, yaitu kisah Putri Mandalika. 

Tempat wisata pantai lain yang menjadi favorit wisatawan mancanegara adalah Gili Trawangan. Untuk mencapai pulai ini menggunakan perahu sewa dan kita harus pergi pagi karena sore hari biasanya ombaknya besar. Gili Trawangan adalah pulau yang terbesar dari ketiga pulau kecil (gili) yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Inilah tujuan wisata para turis asing yang katanya menjadi saingan berat Pulau Bali. Memang tempatnya sangat indah dengan pantai yang sangat bersih dan hamparan pasir pantai yang sangat cocok untuk berjemur. Di sini kita bisa melihat para turis seperti pais pindang, berjejer menjemur  diri di hamparan pasir.

Bagi Anda yang ingin membeli kain tradisional khas Suku Sasak, Lombok, sekitar 25 km dari kota Mataram, kita bisa mengunjungi Sukarara. Di sana, kita akan menemukan sentra tenun tradisonal. Jika ingin membeli buah tangan untuk orang rumah, kita bisa membeli membeli kain tenun tradisional khas Lombok dengan melihat bagaimana proses menenun kain. Untuk membeli barang kerajinan gerabah, di Lombok ada tempat seperti di Pelered atau Kasongan-Yogjayakarta, kita bisa mengunjungi Banyumelek, sebuah desa kerajinan gerabah tanah liat.

Untuk wisata bangunan di Lombok bisa kita kunjungi Taman Narmada. Letaknya 10 km sebelah timur Mataram. Di sinia terhampar taman yang dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan dan permandian keluarga kerajaan Mataram. Di taman ini terdapat kolam renang dan sebuah Pura Hindu. Di sini juga ada tempat mata air yang dipercaya bisa memberikan khasiat awet muda dan umur panjang.

**

Jika Anda warga Bandung atau Jawa Barat yang ingin berwisata ke Lombok, kini tak usah jauh-jauh harus naik pesawat ke Bandara Soekarno-Hatta dulu. Maskapai penerbangan Citilink kini secara resmi membuka penerbangan dengan rute terbarunya Bandung-Lombok. Rute baru itu akan mengudara perdana Bandara Husein Sastranegara.
Penerbangan Bandung-Lombok ini melengkapi penerbangan Citilink dari Bandara Husein Sastranegara menjadi empat kali. Sebelumnya Citilink membuka jalur Bandung-Medan dua kali sehari, Bandung-Denpasar satu kali, dan sekarang Bandung-Lombok satu kali sehari. Citilink menjadi maskapai pertama yang membuka rute Bandung-Lombok. Sasaran penumpang yang dibidik Citilink untuk rute baru itu adalah warga Bandung dan Jawa Barat yang ingin berwisata ke Lombok.

Citilink pun mempertimbangkan tingginya peluang bisnis antara Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat. Jawa Barat yang punya banyak tempat wisata juga diharapkan mampu memancing warga Lombok dan sekitarnya untuk datang berwisata ke Bandung menggunakan rute baru itu.

Citilink akan menggenjot penjualan tiket pesawat dengan berbagai program. Salah satunya adalah bekerja sama dengan hotel di Lombok. Para pelancing cukup menunjukkan boarding pass, pengguna Citilink bisa mendapat harga sewa kamar hotel dengan harga khusus.

Penumpang juga gratis penggunaan bagasi dengan bobot tertentu. Ada juga diskon untuk tiket bagi anak kecil. Kemudahan lainnya, calon penumpang juga diberi kemudahan dengan bisa membeli tiket penerbangan di sejumlah ritel dan minimarket. Kerja sama pun dilakukan dengan bank. Penumpang bisa terbang lebih dulu setelah itu membayar dengan bunga 0%.