Review

Jadwal Lengkap Pertandingan Persib di AFC Cup 2015




Setelah tersingkir dari LCA, Persib dipastikan akan bertarung di fase grup kompetisi antarklub kasta kedua AFC Cup. Pada ajang AFC Cup, Persib tergabung di Grup H yang dihuni Ayeyawaday United (Myanmar), Lao Toyota FC (Laos), dan New Radiant (Maladewa). Pada laga awal, tim Maung Bandung bakal menghadapi New Radiant. Adapun untuk Pertandingan itu akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, 25 Februari mendatang.

Setelah itu, Prsib akan menghadapi terbang ke Youth Training Centre, Yangon. Persib menantang Ayeyawady United pada 11 Maret 2015. Dalam peraturan AFC Cup, hanya dua tim teratas dari masing-masing grup yang bakal lolos ke babak 16 besar pada 26-27 Mei 2015.

Jadwal Pertandinga Persib di AFC Cup

25 Februari 2015
Persib vs New Radiant

11 Maret 2015
Ayeyawadi United vs Persib

18 Maret 2015 
Persib vs Lao Toyota FC

15 April 2015 
Lao Toyota FC vs Persib
29 April 2015
New Radiant vs Persib

13 Mei 2015
Persib vs Ayeyawadi United

Sekilas Seputar AFC Cup 2015
AFC Cup adalah kompetisi sepak bola internasional tahunan antara klub se-Asia yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Kompetisi ini adalah kompetisi antarklub tertinggi kedua di Asia setelah Liga Champions AFC.

Berikut ini adalah 15 negara yang menjadi peserta Piala AFC.
- Masing-masing 1 klub dari  India,  Singapura,  Thailand,  Vietnam
- Masing-masing 2 klub dari  Suriah,  Kuwait,  Yordania,  Bahrain,  Oman,  Irak,  Lebanon,  Yaman,  Maladewa,  Hong Kong,  Malaysia,dan  Indonesia
- 6 klub yang kalah di babak play-off Liga Champions AFC 

Dari hasil drawing (undian) Piala AFC 2015 yang dilakukan AFC pada Kamis (11/12/2014), mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa ada Persib Bandung atau Arema Cronus di daftar peserta Grup H. Sedangkan Persib Bandung akan tampil di babak kualifikasi Liga Champions Asia 2015.

Sementara jatah yang diberikan AFC untuk Indonesia hanya dua tim, yakni satu Piala AFC dan satu Liga Champions Asia. Dua jatah tersebut milik juara (Persib Bandung) dan runner-up (Persipura Jayapura) Indonesia Super League (ISL) 2014. Persib Bandung telah tampil di babak kualifikasi (play-off) Liga Champions Asia 2015 dan tampil di play-off putaran kedua melawan wakil Vietnam Hanoi T&T pada 10 Februari 2015.

Pada pertandingan kemarin, Persib Bandung dipastikan telah gagal ke Liga Champions Asia setelah kalah 0-4 dari klub asal Vietnam, Hanoi T&T di My Dinh Stadium, Selasa (10/2/2015) sore WIB. Maka,  Persib pun kemudian tampil di babak utama Piala AFC 2015 dan bergabung di Grup H bersama Ayeyawedy United (Myanmar), Lao FC (laos) dan New Radiant FC (Maladewa). Adapun jika pertandingan kemarin Persib mampu lolos ke babak utama LCA 2015, maka posisi Persib di Grup H akan digantikan wakil Indonesia lainnya yakni Arema Cronus yang menjadi semifinalis ISL 2014.

Sebetulnya ada satu lagi tim yang berpeluang tampil yakni Pelita Bandung Raya (PBR), namun PT Liga Indonesia telah menetapkan calon pengganti Persib ditentukan berdasarkan hasil satu musim. Selain itu, Arema juga telah lolos verifikasi Club Licensing Committee (CLC) PSSI yang sesuai standar AFC untuk tampil di kompetisi Asia. AFC pun memastikan, Arema bisa menjadi klub ketiga Indonesia yang mewakili Indonesia di kompetisi Asia jika Persib Bandung mampu lolos ke babak utama LCA 2015.

Sementara wakil Indonesia lainnya Persipura Jayapura di Piala AFC 2015 tergabung di Grup E bersama Bengaluru FC (India), Warriors FC/Tampines Rovers (Singapura) dan pemenang play-off 1 (timur).