Review

Jadwal Kereta Api Serayu Jakarta (Pasar Senen) - Padalarang - Cimahi - Kiaracondong dan Sebaliknya




[Klik gambar untuk tampilan lebih jelas]
Kereta api Serayu merupakan kereta api kelas ekonomi unggulan yang melayani perjalanan Purwokerto-Pasar Senen, dijalankan dua kali sehari (pagi dan malam). Kereta api Serayu juga dikenal dengan nama Cipuja/Citrajaya. Saat ini kereta api ini menjadi satu-satunya kereta api yang beroperasi dari Jakarta ke Jawa Tengah dengan rute melewati Bandung, tidak melewati Cirebon.

Stasiun-stasiun pemberhentian kereta api ini antara lain Stasiun Kroya, Maos, Kawunganten, Gandrungmangun, Sidareja, Cipari, Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Cipeundeuy, Warungbandrek, Cibatu, Kiaracondong, Padalarang, Purwakarta, Jatinegara dan Pasarsenen. Mulai 1 April 2015, KA Serayu tidak akan berhenti di stasiun Jakarta Kota dan berhenti di stasiun Pasar Senen.

Kereta api Serayu diresmikan pada tahun 1985. Awalnya kereta itu bernama Galuh yang melayani perjalanan dari Banjar ke Sidareja. Namun kemudian berubah menjadi KA Citrajaya (CIlacap-JAkarta raYA) dan rutenya diperpanjang ke Cilacap dan Jakarta. Tahun 1992, trayeknya diperpendek dari Jakarta hanya sampai Kroya dan berganti nama lagi menjadi KA Cipuja (CIlacap-Purwakarta-Jakarta). Tahun 1997 namanya diganti lagi menjadi KA Serayu hingga sekarang. Pada tahun 2013, perjalanan KA Serayu diperpanjang sampai Stasiun Purwokerto.

Spesifikasi kereta:
- Lintasan perjalanan (kilometer): Purwokerto – Pasar Senen pp. 417 km.
- Rangkaian: 6 kereta ekonomi, 1 kereta makan, dan 2 kereta "aling-aling"
- Jumlah tempat duduk: 530
- Kapasitas angkut: 106 orang per gerbong
- Fasilitas: AC dan full musik
- Tarif: Mulai 1 April 2014 harga tiket kereta api Serayu Rp35.000,00 dari semula Rp70.000,00.