Review

Profil Safira Maharani Pemeran Enéng (Anak Kang Mus) di Sinetron Preman Pensiun





Enéng adalah nama panggilan di Sunda yang ditujukan bagi anak perempuan (usia anak-anak/ABG). Di sinetron "Preman Pensiun" panggilan  Enéng ini merupakan tokoh anaknya pasangan Kang Mus (diperankan Epy Kusnandar) dan Ceu Esih (diperankan Vina). Ia adalah anak satu-satunya dari pasangan tersebut.

Diceritakan, ia tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah di kawasan Antapani. Selain orangtuanya, di rumah itu juga tinggal neneknya yang biasa dipanggil Emak. Sosok Enéng sendiri  di sinetron ini digambarkan masih duduk di bangku SMP.

Peran Enéng di sini cukup memberi gambaran terhadap karakter sang ayah, Kang Mus. Kang Mus sangat sayang dan perhatian pada anak perempuan satu-satunya ini. Apalagi anaknya tersebut mulai menginjak usia ABG. Ia sedang mencari identitas diri, makanya banyak keinginan dari mulai ingin HP gaul seperti temannya; berpacaran dengan teman sekolahnya; minta uang jajan lebih; atau pulang sekolah main dulu ke mall bersama teman-temannya. Sosok Enéng kadang kontra dengan sang ibu, Ceu Esih. Ibu dan anak ini kerap cekcok karena beda keinginan. Di sinilah peran Kang Mus yang menjadi penengah dan selalu mencoba mengerti akan perkembangan jiwa anaknya.

Profil Safira Maharani

Sosok anak Kang Mus ini mulai muncul di "Preman Pensiun" pada episode 3. Nama lengkapnya Shafira Maharani Farsyah lahir 13 Juli 2001. Ia kini masih duduk di kelas VIII-F SMPN 36 Bandung, Jalan Lumbung, Caringin. Sementara sekolah dasar ia tempuh di SDN Tunas Harapan. Gadis ABG ini tinggal di kawasan Perumahan Cibolerang di Blok H. 
"Néng bisa gabung di Preman Pensiun awalnya ikut casting di 022 Management. Eh, alhamdulillah kepilih dan langsung memainkan peran sebagai anak Kang Mus," kata Safira saat ditanya awal dia bergabung di "Preman pensiun".

Safira yang kelahiran dan asalnya dari Bandar Lampung ini pindah ke Bandung pada usia lima tahun. Saat memerankan tokoh Enéng, ia sudah fasih menggunakan logat Sunda karena memang sudah lama bergaul dengan teman-teman sekolahnya yang bisa menggunakan bahasa Sunda. Ia mengaku, sinetron "Preman Pensiun" adalah sinetron perdananya. Ia juga mengaku suka akting hingga suatu hari ia pun iseng ikut agensi 022 Management dan ditawari ikut casting "Preman Pensiun". 

Gadis yang mengaku suka jalan-jalan ke mall  dengan genk mainnya di sekolah ini menyukai olahraga basket. Awalnya ia di sekolah ikut ekskul basket, namun kemudian ia beralih dengan mengikuti ekskul teater. Tiada lain hal ini untuk menunjang pekerjaannya sekarang bermain peran di "Preman Pensiun". Sementara saat ditanya pelajaran apa yang disukai, ia suka dengan pelajaran PKn dan IPS.

Dalam memenuhi kewajiban pengambilan  gambar di tempat syuting, ia harus membagi waktu dengan aktivitas belajarnya di sekolah. Untuk itulah, ia kadang minta izin kepada guru-gurunya untuk tidak mengikuti pelajaran dulu. Untungnya, pihak sekolah SMPN 36 cukup pengertian. Namun syaratnya Enéng tidak ketinggalan pelajaran. Untuk urusan makanan, Enéng  mengaku suka makan steak. Sementara hobinya main gitar.

Lihat juga: Video kegiatan off air para pemain "Preman Pensiun" KLIK DI SINI

Saat harus beradegan dengan Ceu Esih dan Kang Mas, awalnya ia merasa gugup dengan kedua seniornya tersebut. Namun, berkat arahan dan bimbingan dari mereka juga, ia kini bisa lepas bermain peran sebagai Enéng. Ia menganggap Ceu Esih dan Kang Mus kini sebagai orangtua sendiri. Pemain berambut panjang ini pun menuturkan:
"Kalau sama pemain lain, Néng mah deketnya sama Om Ucup dan Om Ubed. Kalau ditanya mengenai harapan ke Preman Pensiun, Néng berharap semoga sinetron Preman Pensiun makin sukses banyak yang nonton dan ratingnya tambah naik."

Enéng juga mengaku penggemar berat Persib. Ia tak pernah melewatkan pertandingan Persib, baik itu nonton tayangannya di TV maupun lalajo langsung ke stadion. Dia suka nonton Persib langsung ke stadion bersama ayahnya yang juga penggemar berat Persib. Harapannya, semoga musim ini Persib bisa mempertahankan juara. *Abah

Akun Twitter Safira Maharani: https://twitter.com/safirafh_