Review

Profil Vina Ferina Pemeran Ceu Esih (Istri Kang Mus) di Sinetron Preman Pensiun





Sosok tokoh Ceu Esih dalam sinetron Preman Pensiun digambarkan karakter seorang ibu yang taat pada suami (Kang Mus) dan kadang menjadi teman curhat tangan kanan Kang Bahar tersebut. Ceu Esih juga punya ibu yang biasa dipanggil Emak serta seorang anak perempuan yang biasa dipanggil Enéng.

Suaminya yang pengertian kadang menjadi penengah jika Ceu Esih sedang beda paham dengan Emak atau dengan anaknya. Kadang juga Ceu Esih menjadi tempat curhat tetangga-tetangganya, dari urusan kecopetan di angkot hingga suami tetangganya yang butuh kerja. Salah satu tetangganya yang biasa berinteraksi adalah Ceu Edoh.

Profil Pemeran Vina Ferina
Tokoh Ceu Esih diperankan oleh Vina Ferina. Perempuan yang lahirdi Bandung  pada 25 September 1978 ini pernah menempuh pendidikan di SDN Nilem, SMP BPI 1, SMA BPI 1, dan meneruskan kuliah di Universitas Islam Bandung (Unisba), Jurusan Ilmu Komunikasi (angkatan 1996). Semasa sekolah di SMA BPI 1, ia ikut ekskul cheerleaders. Dari aktivitasnya tersebut pula, ia kemudian bergabung dengan Wannabe Dancer Bandung. 

Dari sanalah ia kemudian mulai mengenal dunia entertainment. Pada 1999, ia mencoba ikut casting dan ia menjadi salah satu talent di program "Reckitt & Colman Show" yang ditayangkan di RCTI bersama Padhyangan 6. Ia dulu pernah bergabung dengan Padhyangan 6.  Bersama Defri Maulana, Ribby, Abe, dan kawan-kawan, ia kerap ikut roadshow comedy musical (kabaret) dengan Padhyangan 6 ke berbagai daerah hingga tahun 2008. Menjadi model iklan pun pernah beberapa kali ia jajaki.

Pada tahun 2011, ia menikah dengan salah satu personel Padhyangan 6, Ribby Aldrianes. Dari hasil pernikahan tersebut, pasangan ini dikaruniai anak laki-laki bernama Javier Firzana Aldrianes yang lahir pada 26 Juni 2012. Ia kini berdomisili Jakarta, namun biasa rutin ke Bandung karena keluarganya tinggal di Bandung.

Sudah banyak peran ia mainkan di sinetron komedi, antara lain "Kampung Hawa" (Trans 7), "Kontrakan Tiga Pintu" (Trans TV), "Halte Humor", dan sebagainya.

"Kerja sama dengan Kang Aris mah sudah hampir 12 tahun. Saya biasa ikut dalam garapan-garapan sitkom karya Kang Aris. Nah, awal saya bisa gabung di Preman Pensiun ini, saya dikontak MNC Pictures. Kalau menurut saya, pokona sinetron "Preman Pensiun" mah beda dengan peran saya di sinetron-sinetron sebelumnya. Sebelumnya mah saya biasa berperan jadi perempuan yang cerewet dan suka gosip, di sini mah saya perannya lebih pendiam dan nurut sama suami," tutur Teh Verina.

Nominator Festival Film Bandung (FFB)

Di sinetron ini, ia juga merasa menemukan hal baru dan unik. Menurutnya, di sinetron ini ada 32 pemain dan semuanya muncul dengan karakternya masing-masing. Apalagi, pemain lain pun tak sedikit yang basic-nya bukan dari seni peran. Selain itu, ia juga merasa reueus (bangga) dengan animo masyarakat yang luar biasa terhadap sinetron "Preman Pensiun". Walaupun setting dan gayanya menggambarkan masyarakat di ranah Sunda namun bisa diterima secara nasional. Sementara di untuk perannya di sinetron ini, ia mengakui diberi kebebasan untuk mengeksplor karakter Ceu Esih. Selama berkarya di dunia seni peran, Teh Vina pernah menjadi nominator pada Festival Film Bandung (FFB)  2012 untuk perannya di sinetron "Kampung Hawa" sebagai nomine Pemeran Pembantu Wanita Terpuji.

Pemeran Ceu Esih ini mengakui hobinya mendengarkan musik ini mengakui dan nonton konser. Band paling favoritnya adalah Kahitna. Sementara untuk penyanyi solo wanita, ia penggemar berat Krisdayanti karena inspirasi karier sang diva Indonesia tersebut. Untuk penyanyi luar, ia penggemar Mariah Carey. Untuk dunia peran, Teh Vina mengaku  penggemar aktor laga Vin Diesel.

Suka Makanan Pedas

Wanita yang waktu kecil tinggal di daerah Buah Batu ini biasa rutin ke Bandung untuk sekadar ngumpul dengan teman-temannya atau ngumpul dengan keluarga besarnya. Sementara bicara urusan kuliner favorit ia menyukai makanan apapun asal jangan ada unsur bawang dan seledri. Khusus untuk urusan makanan, ia suka sekali sajian ikan sepat, sayur terasi, angeun (sayur) kacang, peuteuy, dan kol goreng buatan ibunya.  Untuk camilan, ia suka jajanan batagor, martabak manis dan asin, kue cubit,  juga bandros.

"Tah, kalau untuk gayemen alias makanan camilan lainnya mah saya suka kiripik pedas. Pokona nu lada-lada (pedas-pedas). Salah satu tempat makan favorit saya di Bandung mah Rumah Makan Jeletot. Itu yang di daerah Jalan Pasundan. Saya mah suka sambelnya yang pedas banget. Kalau ke Bandung, memang saya sukanya jalan-jalan atau hunting makanan. Terus, yang belum kesampaian teh, saya pengen naik Bus Bandros sama difoto bareng keluarga di Taman Alun-Alun Bandung," ujar Teh Vina menutup perbincangan dengan wisatabdg.com. *Donny

Akun Twitter Vina Ferina: https://twitter.com/vinsyellow