Review

Acara Ulang Tahun Sutradara Sinetron Preman Pensiun, Aris Nugraha, di Little White Cafe




Rabu, 1 April 2015, sore itu di Little White Cafe, Jalan Lodaya, Bandung ada suasana lain. Ingar bingar pun saat ba'da Maghrib langsung terasa ketika para talent dan kru sinetron "Preman Pensiun" menyambut "Juragan" (panggilan Kang Aris Nugraha oleh para pemain dan kru) yang merayakan ulang tahun ke-46. 

Pada acara tersebut, terlihat para pemain (minus Kang Didi Petet, Tya Arifin, dan Ridwan Ghany) serta kru berpakaian seragam memakai kaos warna hitam bertuliskan: Karyamu Sejarahmu - Aris Nugraha - Sutradara dan Penulis. Sementara di belakang kaos tertulis judul-judul sinetron yang pernah digarap oleh Aris Nugraha.
 
Sebuah kejutan khusus dibuat oleh para pemain dan kru untuk merayakan sang sutradara sekaligus bapak bagi para pemain dan kru ini. Semua pemain dan kru siap-siap memberikan kejutan dengan nyarumput (bersembunyi) di balik-balik dinding cafe. Ketika Sandi Tile (pemeran Amin), selaku ketua event dadakan, memberitahu bahwa Kang Aris mulai masuk cafe, serentak pemain dan kru menghambur mengucapkan selamat ulang tahun.

Sebuah kue tart lengkap dengan lilin yang telah dinyalakan dibawa oleh Cika Kartika (pemeran Yuyun) dan Soraya Rasyid (pemeran Imas) langsung dihadapkan ke Kang Aris. Dengan wajah terharu dan gembira, Kang Aris pun menyambut dan langsung meniup lilin satu per satu. Para pemain dan kru bergantian menyalami sang sutradara asal Garut tersebut. Kemeriahan pun kian terasa ketika alunan musik dari stage kecil di belakang cafe mulai dimainkan.

Acara yang dipandu Ucup Palentin (pemeran Ubed) dan Pangeran Tyson (pemeran Joni) kemudian berlanjut dengan pemutaran film pendek di big screen yang menayangkan ucapan selamat hari lahir dari para talent kepada Kang Aris. Para pemain pun kemudian satu per satu unjuk kabisa untuk memberikan rasa penghormatan sekaligus rasa kebanggaan pada Kang Aris. Ada Uyan Romyan (pemeran) yang membacakan puisi diiringi petikan gitar. Puisi yang menggambarkan sosok Kang Aris bak lilin yang memberi penerang kepada semua.

Begitu pula Kang Epy Kusnandar tak ketinggalan memberikan sambutan serta unjuk karya berupa persembahan video klip lagu "Aku Jelek Kamu Cantik". Pemeran Kang Mus itu menyanyikan lagu yang diciptakan dadakan dan dibuat videoklipnya secara bersama-sama. Pemeran utama adegan adalah Kang Ica (pemeran Pipit) yang menjadi kekasih Cika Kartika (pemeran Yuyun).

Dalam videoklip tersebut, semua talent dan kru terlibat jadi figuran. Walaupun konsepnya sederhana namun bisa membikin para hadirin terhibur dan tertawa bersama. Digambarkan bagaimana Kang Pipit membikin mata yang lain terbelalak dan tak percaya ketika ia memadu kasih dengan Yuyun. Tak ketinggalan Teh Vina (pemeran Ceu Esih), sambil menggendong anaknya, juga ikut menyumbangkan suaranya dengan menyanyikan lagu Frankie Valli, "Can't Take My Eyes off You".


Acara kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Kegiatan di Little White Cafe ini pun turut dihadiri oleh para pengunjung lain. Kebetulan hanya ruangan bawah yang dibooking, sementara ruangan atas tetap dibuka untuk umum. Suasana kekeluargaan pun terasa. Para pemain berbaur bersama dengan para pengunjung juga Kang Aris sendiri yang tak sungkan berbincang dengan para pemain juga para tamu lain yang datang. Dalam kesempatan tersebut, turut hadir juga dari beberapa event organizer. Dimana, nantinya sedang direncanakan akan digelar event meet and greet "Preman Pensiun" dengan jangkauan masyakarat lebih luas.

Salah satu yang terdekat akan dilaksanakan pada bulan Ramadhan di Kota Bandung dengan konsep hajat lembur. Dimana dalam kegiatan meet and greet akan digelar pula pertunjukan seni dan pamaeran UMKM. Hal ini untuk lebih mendekatkan masyarakat dan "Preman Pensiun" sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan memberdayakan potensi ekonomi masyarakat.