Review

Bandung Lautan Angklung, 23 April 2015 di Stadion Siliwangi, Bandung




Angklung merupakan instrumen musik tradisional yang terbuat dari bambu dan pengembangan dari instrumen Calung yaitu tabung bambu yang dipukul, sedangkan angklung merupakan tabung bambu yang digoyang, menghasilkan hanya satu nada untuk setiap instrumennya. Pada awalnya angklung hanya bernada pentatonis (da mi na ti la). Dibutuhkan puluhan orang untuk memainkan angklung agar terdengar harmonis.
Pada Konferensi Asia-Afrika di Bandung tahun 1955, angklung pun dianggap telah menjadi identitas Indonesia yang mampu mempersatukan bangsa.  Ide diadakannya angklung di KAA, langsung muncul dari Presiden Soekarno. Soekarno kala itu mempersilakan seluruh peserta KAA memegang angklung, untuk selanjutnya dimainkan secara bersamaan. 

Pemecahan Rekor Memainkan 20.000 Angklung
Angklung merupakan alat musik tradisional yang bukan hanya menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat, namun juga telah menjadi kebanggaan negara Indonesia sebagai semangat dalam peringatan KAA ke-60 melalui pertunjukan Angklung Harmony for The World yang bertajuk ‘Alunkan Angklungmu di Guiness World of Record Bandung Lautan Angklung’ dengan memecahkan rekor bermain angklung terbanyak sebanyak 20.000 (dua puluh ribu) orang tepat pada tanggal 23 April 2015 mendatang.

Tujuan
Tujuan pemecahan rekor tersebut adalah untuk kembali mengenang peristiwa bersejarah KAA pada tahun 1955, membangun semangat kebersamaan menyambut KAA ke-60 dan menciptakan sebuah peristiwa bersejarah yang dapat memberikan dampak besar bagi warga dunia.

Jadilah bagian dari sejarah dalam pemecahan rekor Bermain Angklung Bersama sebanyak 20.000 Angklung. Jadikan moment ini sebagai moment untuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia dan jadikan angklung, tak hanya milik dan kebanggaan rakyat Indonesia, namun juga masyarakat dunia.

Pendaftaran
Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan Saung Angklung Udjo mengundang masyarakat untuk menjadi bagian dari sejarah pemecahan rekor bermain angklung bersama dalam Gelaran Harmony of Angklung for The World. 20.000 orang bermain Angklung di Stadion Siliwangi 23 April 2015 mulai pukul 07.00 WIB

Pendaftaran dimulai 17 April hingga  20 April 2015 (pukul 08.00-16.00) melalui email dengan mengirim data diri dengan format:

Nama:
Alamat:
Umur:
No tlp:
Email:

Kirim ke email angklung.kaa@angklung-udjo.co.id


Untuk info selanjutnya bisa dilihat di timeline Twitter @angklungudjo dan FB Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo
Jln. Padasuka 118 Bandung
Tel. 022 7271714 | 022 7101736