Review

Inilah Rekayasa Lalu-Lintas di Sekitaran Lokasi Kegiatan Peringatan KAA ke-60 di Kota Bandung




Menjelang puncak peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015, beberapa titik arus lalu lintas di Kota Bandung akan diterapkan rekayasa lalu lintas, terutama rute yang akan dilalui para kepala negara peserta KAA. Satu di antaranya dilakukan di Jalan Asia Afrika yang menjadi lokasi utama acara bertaraf internasional tersebut. Kepala Bidang Operasional Dinas Perhubungan Kota Bandung IW Ginting mengatakan pengalihan lalu lintas dilakukan mulai 23 April 2015. Sebab pada keesokan harinya, acara puncak KAA digelar. Lebih seratus kepala negara pun berdatangan menghadiri acara tersebut.

Peta jalan yang ditutup selama KAA. Klik gambar untuk lebih jelas.

Rute Delegasi KAA dari Bandara Husein Sastranegara
Jumat pagi, 24 April 2015. Setibanya di Bandara Husein Sasrtranegara, para delegasi akan diantar ke Hotel Savoy Homann di Jalan Asia-Afrika. Jalan yang akan dilalui para tamu KAA, antara lain: Jalan Pajajaran - Jalan Cihampelas - Jalan Wastukencana - Jalan Merdeka - Jalan LLRE Martadinata - dan Jalan Tamblong. Di jalur tersebut akan diberlakukan kebijakan buka-tutup jalan.

Jalan yang Disterilkan Area Ring 1
Menurut informasi dari Polrestabes Bandung, bahwa pada Jumat, 24 April 2014 beberapa jalan yang harus dihindari masyarakat pukul 06.00 - 15.00 WIB di antaranya: Jln. Pajajaran - Jln. Wastukancana - Jln. Merdeka - Jln. Lembong - Jln. Tamblong - Jln. Asia - Afrika - Jln. Otista - Jln. Gardujati - Jln. Kebon Kawung - Jln. HOS Cokroaminoto - Jln. Cicendo.

Polisi akan mengatur rute dan arus pada jalan-jalan tersebut agar tidak terjadi penumpukan di satu titik. Beberapa pengalihan yang akan dilakukan adalah Bundaran Simpang Lima - Jln. Asia Afrika yang dialihkan ke Jln. Sunda, lalu arus di area Patung Tank (Jln. Gatot Subroto) dialihkan ke Jln. Burangrang. Adapun kendaraan dari Jalan ABC yang menuju Jalan Naripan dialihkan ke Jalan Banceuy. Kendaraan dari Jalan Braga tidak bisa belok ke kiri untuk menuju Jalan Lembong dan Tamblong. Kendaraan akan dialihkan ke kanan menuju Jalan Suniaraja. Penutupan tersebut situasional dan tidak permanen. Namun disarankan jika tidak terlalu penting, Anda tidak melewati jalan-jalan tersebut.

Sejumlah  jalan-jalan yang berpotensi menimbulkan kemacetan dalam rangka event Asian African Carnival di Kota Bandung sebagai berikut:
♦  Kamis, 23 April 2015, sekitar Stadion Siliwangi (Jln. Aceh): ada acara Angklung for the World yang diselenggarakan Saung Angklung Udjo dengan partisipasi 20.000 orang lebih.
♦ Jumat, 24 April 2015,  Jln. Asia Afrika:  kedatangan para kepala negara delegasi KAA. Yaitu di sekitar Hotel Homann - Gedung Merdeka - Masjid Agung - Gedung Pakuan.
♦ Sabtu,  25 April 2015, Jln Asia Afrika: parade kostum dan musik negara-negara Asia Afrika
♦ Minggu, 26 April 2015, area Car free Day (CFD) Dago: Festival of Nations dari negara Asia Afrika (acara sampai tengah malam).

Akses Menuju Lanud Husein Sastranegara
Kamis, 23 April pukul 16.00 WIB, Bandara Husein Sastranegara tidak melayani penerbangan komersial. Penerbangan kembali dibuka untuk umum pada Jumat, 24 April 2015 malam pukul 21.00 WIB.  Sementara, per tanggal 16 April 2015, otoritas Lanud Husein Sastranegara telah mengatur akses menuju Bandara Husein Sastranegara. Pihak Lanud dimana diberlakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas dan berencana akan memasang portal berjadwal tutup buka. Rencananya akan dilakukan pemasangan portal di Jalan Kapten Natanegara (dekat SMAN 9 Bandung) dan Jalan Pajajaran samping SD dan TK Angkasa I.

Bagi kendaraan dari Pasteur yang akan menuju bandara pada saat portal ditutup, harus melewati Jalan Pasirkaliki dan masuk ke Jalan Pajajaran. Sedangkan kendaraan dari Jalan Pajajaran menuju Pasteur atau belakang BTC harus melewati Jalan Pasirkaliki. Penutupan ini dilakukan untuk mensterilkan area Obvitnas atau Ring I menjelang pelaksanaan KAA dan peringatan 10 New Asian African Strategic Partnership.

Pengalihan Rute Angkot yang Lewat Alun-Alun
Selain itu, ada beberapa rute yang akan berubah, misalkan yang harusnya melintas Jalan Asia Afrika dari mulai hotel Preanger, ia harus belok ke kiri, ke Dalem Kaum. Nanti bisa naik lagi di Dalem Kaum, seperti itu. Pengalihan jalur angkutan kota alias angkot pun akan berubah. Misalnya angkot jurusan jurusan Cicadas-Elang yang biasanya melintasi area alun-alun Bandung. Angkot trayek Cicadas-Elang, Cicaheum-Cibeureum, kemudian Gedebage - Stasiun, ada dua lagi angkutan kota yang lewat Jalan Dalem Kaum (Alun-alun) akan dialihkan arusnya.

Perjalanan Kereta Api
Sehubungan dengan peringatan KAA pada Jumat, 24 April 2014, akses kendaraan menuju Stasiun Bandung ditutup (stasiun tetap buka normal). Sebagai alternatif keberangkatan/kedatangan selain dari Stasiun Bandung, berikut ini informasi untuk para penumpang KA:
1. Seluruh kereta api dari/ke Jakarta, Cirebon, Semarang, Surabaya Pasar Turi, khususnya KA Argo Parahyangan keberangkatan/kedatangan di Stasiun Cimahi.
2. Seluru kereta api dari/ke Surabaya Gubeng, Solo Balapan, Yogyakarta, khususnya KA Argo Wilis dan KA Turangga keberangkatan dan kedatangan di Stasiun Kiaracondong.
4. Untuk perjalanan KA lokal belum ada update informasi.