Review

Saat Peringatan KAA 24 April 2015, Empat Pasar Ini Diutup




Selain pengaturan lalu lintas, peringatan KAA ke-60 di Bandung juga berimbas pada penutupan empat pasar. Hal ini tiada lain untuk menjaga kondusivitas dan keamanan selama perhelatan peringatan KAA digelar. Adapun keempat pasar yang ditutup saat  hari Jumat, 24 April 2015 adalah:

1. Pasar Baru yang terletak di Jalan Otto Iskandar di Nata (sebelah barat pelaksanaan peringatan KAA di Gedung Merdeka).
2. Pasar Banceuy,  pasar onderdil bekas/baru yang terletak di sebelah utara Gedung Merdeka (dekat Jln. ABC).
3. Pasar Cikapundung, merupakan pasar sentra penjualan sparepart/komponen elektronik dan service elektronik terbesar di Bandung. Lokasinya dekat dengan Gedung Merdeka (sebelah utara aliran Sungai Cikapundung)
4. Pasar Kota Kembang atau yanga biasa disebut Pasar Kokom ini terletak di Jalan Dalem Kaum (sebelah barat Gedung Merdeka/ dekat Masjid Agung). Pasar ini dikenal dengan dagangan sepatu dan tas.

Keempat pasar tersebut akan disterilkan tim keamanan mulai Kamis (23/04/2014) pukul 18.00 dan ditutup sepanjang Jumat (24/04/2015).  Menurut Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Rinal Siswadi Semua pedagang sudah menerima dan akan menutup tokonya masing-masing. Keempat pasar tersebut kebetulan berada di area pengamanan Ring I.

Penutupan pasar lainnya berpotensi di area Ring II, yaitu Pasar Andir yang terletak di sebelah barat (Jln. Jendral Soedirman). Pasar Andir Bandung terkenal sebagai pasar yang menyediakan pakaian-pakaian berkualitas dengan harga murah. Pasar lainnya yang diminta ditutup oleh Wali Kota adalah ITC Kebon Kalapa (sebelah selatan Gedung Merdeka). ITC Kebon Kelapa merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Bandung, ITC Kebon Kelapa menawarkan berbagai macam keperluan masyarakat Bandung. Disana terdapat beberapa produk yang sangat dominan untuk disuguhkan kepada masyarakat Bandung diantaranya produk kain kiloan dan meteran, busana, elektronik, makanan dan peralatan rumah tangga.

Para pedagang telah menerima himbauan tersebut dan menunggu adanya surat edaran resmi dari pihak Pemkot. Adapun himbauan baru sebatas informal. Sementara untuk pasar lainnya yang jauh dari lokasi peringatan KAA ke-60 tetap buka. Hal ini untuk tetap melayani kebutuhan masyarakat. Memang di pasar-pasar tersebut pas hari H peringatan KAA ke-60 memang berpotensi sepi. Maklum saja pada hari H banyak jalan yang ditutup di seputaran menuju lokasi KAA di Jln. Asia Afrika. Hal lainnya yang menjadi arahan adalah agar para pedagang mempercantik area pasar masing-masing.