Review

Car Free Night (CFN) dan Car Free Day (CFD) Jln. Asia Afrika Digelar 30 - 31 Mei 2015




Setelah pertengahan bulan Mei 2015 kemarin uji coba selesai dilaksanakan, pada akhir Mei 2015 ini Car Free Night (CFN) dan Car Free Day (CFD) di sepanjang Jln. Asia-Afrika akan kembali dilaksanakan.

Hal ini sesuai dengan hasil rapat gabungan Pemkot Bandung dengan pihak kepolisian dan seluruh jajaran. Adapun CFN dan CFD di sepanjang Jalan. Asia-Afrika akan kembali digelar pada hari Sabtu, 30 Mei 2015 mulai pukul 18.00 hingga Minggu, 31 Mei 2015 pukul 11. 00.

Dalam pelaksanaan uji coba kali ini tidak banyak perubahan dari uji coba sebelumnya. Namun, sesuai hasil evaluasi, ada beberapa hal yang disempurnakan, antara lain rekayasa jalan, masalah keamanan, dan tempat-tempat parkir di area CFN dan CFD. Berdasarkan hasil evaluasi CFN dan CFD Asia Afrika pada pertengahan Mei kemarin, ada kemacetan di beberapa titik sehingga akan ada alternatif rekayasa lalu lintas.

Rekayasa Lalu Lintas
Untuk kegiatan kali ini, bagi Anda yang ingin mengunjungi event CFN dan CFD ini, jika dari Jln. Asia-Afrika menuju Jln. Banceuy, tidak boleh belok kanan ke arah Jalan ABC bawah menuju Braga. Anda harus harus lurus ke arah Jalan Suniaraja.

Rekayasa lainnya jika datang dari arah Jalan Naripan, sekarang diperbolehkan belok ke arah kanan. Hal ini menyesuaikan dengan kondisi dimana Jalan Braga pendek untuk parkir sepeda motor dan akses keluar masuk tamu Hotel Ibis.

Penjagaan Keamanan di Lokasi
Berdasarkan evaluasi uji coba sebelumnya, bagi para pengunjung diharapkan adanya kerja sama dengan pihak kepolisian. Hal ini berkaca pada kejadian-kejadian sebelumnya, diharapkan aksi-aksi yang menganggu keamanan dari para pelaku kejahatan bisa diredam dengan adanya kerja sama pengunjung dengan pihak kepolisian. Tentunya pula pengunjung diharapkan bisa melakukan tindakan preventif, misalnya menjaga barang berharga seperti dompet atau handphone.

Salah satu modus yang muncul adalah adanya pelaku yang pura-pura membantu memfoto dengan HP, namun kemudian membawa kabur HP tersebut. Untuk itu, jagalah kewaspadaaan dan kehati-hatiaan akan barang-barang Anda. Begitu pula bagi yang membawa anak kecil agar menjaganya jangan sampai si anak terpas dari pegangan tangan Anda.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Angesta Romano Yoyol menjelaskan bahwa setidaknya untuk kegiatan kali ini, pihak kepolisian menurunkan 170 personil untuk menekan kriminalitas pada pelaksanaan uji coba CFN dan CFD pada akhir Mei nanti. Dimana, di lokasi ada petugas yang berpakaian dinas juga diterjunkan petugas berpakaian preman untuk memantau seputaran lokasi kegiatan. Sebanyak 100 personil akan ada di dalam kawasan CFN dan CFD. Sementara sekitar 70 petugas lainnya akan berjaga di luar alias ditempatkan di titik-titik jalan masuk menuju kawasan Jln. Asia Afrika.

Untuk petugas berpakaian dinas di dalam kawasan akan berjaga dengan sistem pagar betis. Para petugas inilah yang berjaga di setiap titik dengan jarak tiga meter. Pihak kepolisian menghimbau agar warga jangan sungkan untuk meminta bantuan pada petugas yang berjaga di sekitar lokasi CFN dan CFD, misalnya Anda meminta petugas membantu mengabadikan gambar. Jangan sampai ada kejadian pengunjung meminta bantuan orang yang tak dikenalnya untuk memotret dengan HP, namun saat sudah diserahkan, HP dibawa kabur.