Review

Pertunjukan Sundanis Hip Hop Sunda di Padepokan Seni Mayang Sunda, 6 Mei 2015





Sirah bolenang,
nya botak, buleneng, belenong, bencenur, boncenang, bedegul
Beungeut bosongot,
beregud, bolotot, nya bengep.... bajred
Beuteung bucitreuk,
bureuteu, bentelu, buheukeu, buntet, busekel, budayut
nya buleud, bareuh, burayut, nya beukah.... buladig.... betekok

Sundanis terbentuk sekitar tahun 2007 yang berdasarkan atas kesamaan hobi dan selera musik yang sama yaitu hip-hop, Sebagai orang Sunda asli, Sundanis juga terbentuk karena para personilnya mempunyai kekhawatiran terhadap kebudayaan dan bahasa Sunda yang telah banyak dilupakan oleh kalangan muda sekarang ini. Maka. Sundanis pun mengambil jalur hip hop Sunda dengan lirik lokal diiringi musik modern.

Itulah penggalan lirik lagu "37B" yang dibawakan oleh Sundanis Hip Hop Sunda. Group hip hop asal Bandung ini digawangi oleh Rudi Sundanis. Sudah beberapa album yang mereka keluarkan. Fans fanatiknya juga tersebut bukan hanya di Bandung namun juga di luar Pulau Jawa hingga ke luar negeri. Sundanis mengusung aliran musik hiphop yang dikombinasikan dengan unsur-unsur etnik sunda seperti kendang, suling, kacapi dll dan lirik di setiap lagunya sebagian besar menggunakan bahasa Sunda. 

Nah, bagi Anda yang ingin menyaksikan performance Sundanis, mereka akan menggelar konser pada Rabu, 6 Mei 2015 di Padepokan Seni Mayang Sunda, Jln. Peta no. 209 Bandung. Pertunjukan akan digelar pada pukul 13.00. Dalam pergelaran kali ini, Sundanis akan berkolaborasi dengan penyanyi Sunda Inonk, Kuyakuyz (beatbox), Sagala Awi (Karnding), Tasik Hiphop Clan, Chain Jr, Kibaraya (Iket), dsb. Untuk info lebih lanjut, bisa menghubungi nomor telepon 0856 2217 410 atau melalui akun Twitter @sundansihiphop.

Peta Padepokan Seni Mayang Sunda: Lihat di sini