Review

Sejarah Riwayat Pendidikan Indonesia di Museum Pendidikan Nasional UPI




Satu lagi museum lahir di Bandung. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2015, di kompleks Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah berdiri Museum Pendidikan. Museum ini diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan didampingi Rektor UPI.

Untuk mendukung konten museum, pada acara persemian, Aher menyumbangkan rapor sekolah dasarnya (SD) untuk dijadikan koleksi dari Museum Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Aher menyambut baik hadirnya museum tersebut. Apalagi Museum Pendidikan di UPI ini adalah museum pertama yang berada di dalam kompleks kampus. Di Museum ini ditampilkan riwayat pendidikan Indonesia dari masa kolonial hingga saat ini, terutama sejarah pendidikan di Jawa Barat.

Pembangunan museum ini dimulai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Senin 20 Mei 2014. Pada kesempatan tersebut Heryawan juga berjanji akan memberikan suntikan dana sebesar Rp 15 miliar.


Tempat Wisata Pendidikan

Diharapkan museum ini tidak hanya menyajikan peninggalan pendidikan masa lalu, tapi bisa menjadi cermin untuk pendidikan Indonesia di masa akan datang.  Museum tersebut akan menjadi ruang yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi para pendidikan dan pelajar di Indonesia.

Di museum ini pengunjung selain dapat menyaksikan berbagai artefak yang berkaitan dengan pendidikan juga dapat menikmati kuliner di lantai V sembari menyaksikan indahnya Gunung Tangkuban Parahu. Museum Pendidikan ini dibangun sebagai lembaga nirlaba dalam upaya konservasi, edukasi, dan riset tentang perkembangan pendidikan Indonesia serta pusat rekreasi pendidikan.

Museum ini diharapkan menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan, interaktif, serta menggairahkan untuk belajar. Museum ini menjadi pusat penelitian, pusat multi media, dan pusat pendidikan dalam melestarikan serta sumber inspirasi untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Museum Pendidikan UPI
Alamat:
Kampus Universitas Pendidikan Indonesia
Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung

Peta Museum: Lihat di sini