Review

Aplikasi Android untuk Sumber Informasi Perjalanan Mudik Anda





Hari Raya Idul Fitri yang menurut hitungan kalender jatuh pada pertengahan Juli 2015 tentunya akan dibarengi dengan aktivitas tradisi mudik. Kini, seiring dengan kemajuan teknologi digital, para pemudik bisa memanfaatkan beberapa aplikasi di Android. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan Anda mendapatkan informasi lalu lintas secara lebih cepat dan akurat. Hanya dengan sekali sentuh layar, Anda bisa melihat informasi terkini seputar arus mudik.

Data dan informasi secara real time dapat Anda pantau melalui perangkat smartphone Android di tangan Anda. Begitu pun secara real time pula, penguna bisa berbagi atau menanyakan informasi seputar situasi jalur mudik dengan lebih interaktif dengan fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi mudik yang bisa Anda unduh dan install di Android.

Aplikasi ini diluncurkan oleh pengembang Trustudio untuk PRFM. PRFM selama ini dikenal sebagai media informasi warga. Dengan konsep citizen journalist, informasi yang hadir lebih cepat, tepat, dan akurat. Untuk mendukung informasi mudik, kini Anda dapat menikmati aplikasi PRFM Balik Mudik.

Pengguna dapat mendownload aplikasi 'PRFM Mudik Balik' secara gratis di Play Store. Dalam aplikasi 'PRFM Mudik Balik' ini, tersedia aneka fitur seputar informasi mudik, laporan mudik, hingga live streaming. Beberapa fitur yang dapat dinikmati diantaranya adalah Info Lalu Lintas di berbagai penjuru Indonesia serta pengguna yang sedang melakukan mudik pun bisa ikut berkontribusi untuk melaporkan. 

Dalam aplikasi ini, terdapat Tanya-Lapor, yakni aplikasi untuk bertanya dan melaporkan situasi mudik di sekitar. Untuk menunjang pertanyaan atau laporan, pengguna menggunaka aplikasi chattingWhatsapp, Line, Facebook, Twiter, dan  dilengkapi dengan layanan telepon.

Korps Lalu Lintas Polri meluncurkan sebuah aplikasi android bernama iBolZ NTMC TV guna mempermudah akses para pemudik selama di perjalananan.  Aplikasi ini dapat membantu para pemudik untuk bisa mengakses CCTV secara real time dari Android. Dalam aplikasi ini ada peta mudik lebaran yang selama ini dibagikan sudah dimasukan ke dalam aplikasi tersebut. Kelebihannya peta tersebut terkoneksi dengan CCTV yang terpasang di jalan-jalan. Dengan begitu, pengguna yangs sedang dalam perjalanan mudik dapat langsung mengetahui kondisi di jalan melalui menu CCTV tersebut.

Aplikasi GIS Hubdat ini dibangun untuk Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Direktorat Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. GIS Hubdat membantu pengguna yang melaksanakan mudik untuk memudahkan mencari jalur alternatif dan tempat-tempat terdekat seperti restoran, masjid, bahan bakar, perbaikan mobil, dll. GIS Hubdat juga menyediakan peta offline dan status arus lalu lintas di tempat-tempat yang dipilih dengan CCTV berdasar pada situs RTTMC.

Waze memberikan informasi dan peta berdasarkan masukan komunitas pemakainya. Informasi mengenai kecelakaan, kemacetan jalan, polisi, bahaya berdasarkan kondisi nyata yang dilaporkan para penggunanya. Pengguna Waze yang juga disebut wazers juga bisa melakukan pemutakhiran peta, pemberian nomor rumah/bangunan, penandaan lokasi secara pribadi dan langsung.

Waze juga mempunyai fasilitas ngobrol (chat), memberikan poin untuk setiap kegiatan yang dilakukan seperti menjelajah, memutakhirkan peta dan peristiwa khusus lainnya. Dengan demikian Waze adalah gabungan dari aplikasi navigasi dengan jejaring sosial dan permainan online.