Review

Ingin Melihat Bandung dari Ketinggian? Inilah Lokasi-Lokasinya





Melihat pemandangan cekungan kota Bandung merupakan sensasi tersendiri. Anda bisa memandang ke arah dataran Bandung lain daripada yang lain. Apalagi jika melihat pemandangan ini seputar Bandung tersebut pada malam hari. Memandang hamparan permukiman di dataran Bandung dengan hiasan kerlap-kerlip lampu-lampu di jalanan dan bangunan-bangunan. Sementara memandang ke arah langit, bintang-bintang bertaburan menemani malam Anda. Lebih lengkap rasanya jika Anda ditemani minuman dan makanan hangat khas Bandung, seperti bandrek, bajigur, bala-bala, dan gehu.

Begitu pula bagi Anda yang suka fotografi, memandang lanskap Bandung malam hari adalah wisata batin tersendiri. Cekungan Bandung yang dulunya danau purba raksasa kini menjadi permukiman dengan jumlah penduduk yang kian hari kian bertambah. Salah satu tempat tinggi yang biasa dijadikan tempat untuk melihat Bandung dari kawasan atas ini adalah daerah Bandung Utara yakni Lembang - Gunung Tangkuban Parahu.

Jangan lupa saat berkunjung ke kawasan ini, Anda disarankan bawa jaket untuk mengusir hawa dingin di tempat tersebut. Anda ingin menikmati sensasi melihat pemandangan Bandung dari ketinggian? Inilah lokasi-lokasi yang bisa Anda kunjungi.

1. Bukit Bintang Bandung
Kawasan highland ini sekarang menjadi primadona. Letaknya di Jln. Bukit Dago Timur. Rutenya, Anda menuju kawasan Dago Pakar. Setelah pertigaan, ambil arah jalan menuju Stone Cafe, kemudian ambil belokan jalan ke sebelah kanan. Di sanalah Bukit Bintang berada. Untuk masuk kawasan ini, pengunjung biasanya dikenakan tarif masuk yang sangat terjangkau. Untuk mencari makanan, di sini ada warung-warung kecil yang dikelola penduduk.

2. Bukit Moko - Caringin Tilu
Anda bisa ke Bukit Moko dengan menggunakan kendaraan atau kalau ingin lebih menantang bisa dengan jalan kaki. Adapun jarak dari Terminal Cicaheum ke Bukit Moko sekitar 8  Km lebih. Perjalanan Anda bisa melalui jalur Padasuka - Caringin Tilu  kemudian ke Bukit Moko. Selengkapnya, jika dari Terminal Cicaheum bisa melewati Jalan Padasuka hingga ke Desa Cimenyan. Para pengunjung, terutama akhir pekan banyak yang menuju daerah ini. Terutama mereka yang senang naik sepeda. Untuk jalannya sendiri, kondisinya bisa dikatakan bagus. Daerah ini termasuk ramai oleh kawasan permukiman. Di daerah sini juga dikenal dengan lokas wisata seni Saung Angklung Udjo (SAU).

3. Punclut, Dago
Kawasan menuju arah Lembang ini juga menyajikan pemandangan Bandung dari ketinggian. Di sini pula tempat mencari kuliner khas Bandung yang ditunjang dengan banyaknya rumah makan. Puncak Ciumbuleuit itulah kepanjangan dari kawasan ini. Daerah ini memiliki ketinggian hingga di atas 1000 meter dpl. Dengan begitu, pengunjung dapat melihat lanskap kota Bandung dengan area pandang lebih luas. Untuk mencapai daerah ini, pengunjung bisa mengambil jalur melalui Jalan Cihampelas ke arah RS Salamun. Selanjutnya, ikutilah jalur yang menuju Jalan Ciumbuleuit.

4. Tebing Keraton
Tebing Karaton ini ada di atas Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Sehingga dari atas tebing ini, anda bisamenyaksikan hijaunya pemandangan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Objek wisata ini cocok untuk memandang kawasan perhutanan. Tebing Keraton atau Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung. Untuk menikmati sensasi pemandang alam di sini, datanglah sebelum matahari terbit. Anda bisa menikmati suasana kota Bandung yang masih berselimut kabut tebal dan keindahan matahari terbit dari timur.

Rute untuk menuju lokasi ini dari pusat kota Bandung, Anda menuju arah Dago Pakar. Ambil jalan ke arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Setelah pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, beloklah ke kanan. Anda akan melewati rumah-rumah besar dan kemudian perkampungan. Setelah itu, Anda akan sampai di sebuah warung dengan baliho besar bertuliskan 'Warung Bandrek' alias Warban. Perjalanan belum selesai, pacu kendaraan Anda melewati tanjakan dan jalan berbatu sampai pos teratas, langsung di Tebing Keraton. Di sini, anda bisa memarkir motor dan mobil. Untuk mencapai tebing tersebut, anda hanya perlu berjalan kaki tak sampai 5 menit.

Jika Anda ingin mencari alternatif tempat lain, bisa juga ke arah selatan. Anda bisa menuju kawasan perkemahan Puntang, Banjaran. Sebelum kawasan wisata Gunung Puntang, Anda bisa melihat pemandangan cekungan Bandung selama perjalanan. Lokasi lainnya yaitu di kawasan Gunung Manglayang. Anda bisa menuju kawasan wisata Batu Kuda. Selama perjalanan pun, di sini Anda bisa melihat Bandung dari kawasan atas. Jauh lagi ke arah timur, Anda bisa mencobanya dari puncak Gunung Geulis (Jatiroke) atau dari kawasan Dampir (Cicalengka/rute menuju Curug Cinulang).