Review

Mengenal Tokoh-Tokoh Sinetron Preman Pensiun di Rumah Kang Bahar




Redaksi www.wisatabdg.com menerima lumayan banyak pertanyaan seputar tokoh-tokoh yang ada di sinetron Preman Pensiun. Hal ini mungkin karena penonton tersebut masih kebingungan akan peran-peran tokoh dan posisinya di Preman Pensiun. Untuk itu, kali ini www.wisatabdg.com akan membahas satu per satu mengenai tokoh-tokoh yang ditampilkan di Preman Pensiun dari season 1 hingga season 2. Gambaran tokoh-tokoh dimulai dari lingkaran rumah Kang Bahar.

Sumber foto: Koleksi Tya Arifin

Di rumah yang terletak di Jalan Putri, Burangrang, Bandung ini dihuni oleh tokoh Kang Bahar (diperankan oleh almarhum Kang Didi Petet. Kang Bahar mempunyai istri bernama Khodijah yang diperankan oleh Ike Muti. Pemeran Khodijah pada Preman Pensiun season 1 diceritakan meninggal dunia. Selanjutnya, pada season 2, tokoh Kang Bahar juga diceritakan meninggal dunia.

Kang Bahar mempunyai tiga anak perempuan, masing-masing bernama: 
1. Kinasih, anak sulung (diperankan Sindy Lasmana). Anak pertama Kang Bahar ini diceritakan telah menikah dengan seorang dokter bernama dokter Bakti (diperankan dokter Subiyanto). Pasangan Kinasih dan dokter Bakti diceritakan telah mempunyai dua orang anak, yakni Kiara (diperankan Daanish) dan Cleo (diperankan Cleo).
2. Kirani, anak kedua (diperankan Anzanie Kamilah). Kirani menikah dengan anggota TNI bernama Sudirman (diperankan Letnan TNI Jefry Ardiyanto).
3. Kinanti anak bungsu (diperankan Tya Arifin).

Kinasih dan Kirani tinggal di Jakarta dan diceritakan sesekali menengok orang tuanya di Bandung. Hanya anak ketiga (Kinanti) yang belum menikah, ia baru lulus kuliah dan kerja magang di Bandung, kemudian ia kerja di Jakarta, dan kembali lagi ke Bandung untuk menemani Kang Bahar.

Kang Bahar mempunyai dua orang pembantu yakni Imas (diperankan Soraya Rasyid) dan Amin (diperankan Sandi Tile). Imas sebagai pembantu bagian dapur dan Amin sebagai sopir. Di rumah ini juga kerap disambangi oleh Kang Mus (Epy Kusnandar), Adit (diperankan Ridwan Ghany) yang di season 1 sebagai pacar Kinanti yang kemudian putus, dan Uyan (Romyan Fauzan) seorang penyair yang pada PP season 2 diceritakan dekat dengan Kinanti. Satu lagi yang biasa bertamu ke rumah Kang Bahar yaitu sahabat dekatnya bernama Kang Bagja (diperankan oleh Kang Aat Soeratin, seorang budayawan Sunda).