Review

Tempat Belanja Pakaian Lebaran di Kota Bandung





Bagi masyarakat Bandung banyak alternatif tempat belanja untuk mendukung kebutuhan selama Ramadhan ataupun menjelang Lebaran. Di sinilah terjadi trend di Kota Bandung biasanya model-model ter-update ranah fashion akan muncul, dari hijab, kaos, busana wanita, busana pria, sepatu, hingga baju anak-anak. Bukan hanya bidang penjualan konvensional, perdagangan produk fashion melalui jejaring onlineshop pun di Kota Bandung biasanya mengalami peningkatan.

Dari Pasar Hingga Mall
Belanja kebutuhan sandang untuk Lebaran seakan menjadi kewajiban bagi masyarakat kita, tak terkecuali di Bandung. Inilah perekonomian masyarakat yang sangat terlihat geliatnya yakni tatkala Idul Fitri menjelang. Pasar Baru sebagai surga belanja fashion sudah pasti dipenuhi ribuan pengunjung setiap harinya. Membeludaknya pengunjung berimbas pula pada pusat perbelanjaan dan sentra grosir pakaian di sekitarnya, seperti kawasan Alun-Alun Bandung (Pusat Distro Parahyangan Plaza, ITC Kebon Kalapa, Pasar Kota Kembang) hingga ke daerah kawasan Lapangan Tegallega dimana tempat PKL menjamur. Begitu pula kawasan Cicadas, Kiarcondong, Jalan Jakarta, atau daerah Dago dan Jln. Setiabudhi menjadi buruan mereka yang berbelanja pakaian.

Tempat lainnya yang kini menjadi buruan baru adalah pusat perbelanjaan Pasar Andir yang dikenal sebagai surga belanja aneka fashion dengan harga paling miring di Kota Bandung. Belum lagi pasar-pasar tradisional lainnaya, seperti Pasar Ciroyom, Pasar Ujungberung, Pasar Dayeuhkolot, Pasar Ciparay, Pasar Majalaya, dan sebagainya. Lokasi lainnya yang menjadi buruan pengunjung adalah mall-mall yang ada di seputaran Bandung, misalnya Paris van Java, Cihampelas Walk, Bandung Supermall, Festival Citylink, Metro Trade Center, Miko Mall, dan mal-mall lainnya.

Tak terkecuali kawasan Jalan Buah Batu yang kini menjelma menjadi pusat toko-toko busana muslim di Bandung. Di sepanjang kawasan Jalan Buah Batu, bisa belanja aneka busana muslim dengan kualitas yang sudah dikenal di Indonesia hingga mancanegara. Para penjual busana ini pun tentunya factory outlet (FO) dan distro-distro kaos yang ada di beberapa titik di Bandung (sekitar Alun-Alun, Jln. Trunojoyo, Jalan Buah Batu, Jln. Riau, Jln. Dago, Jln. Cihampelas, Gang Tamim, Jln. Setiabudhi). Di tempat-tempat tersebut selama Ramadhan selalu menyediakan barang paling gres plus iming-iming discount.

Hal lainnya, salah satu kelebihan pusat perbelanjaan di Kota Bandung adalah dengan adanya konsep one stop shopping, sambil belanja bisa juga buka puasa di foodcourt ataupun sentra jajanan yang ada di tempat belanja tersebut. Dengan begitu, setelah seharian Anda belanja dan waktunya adzan magrib bisa langsung memesan makanan.

Pameran Produk Selama Ramadhan
Demi menggaet harsrat belanja pra-Lebaran, kegiatan pameran-pameran pun biasanya menjadi agenda wajib di  beberapa lokasi di Kota Bandung. Pameran ini tentunya mengarah pada kebutuhan selama Ramadhan dan pastinya momentum menjelang Idul Fitri. Pameran biasa diselenggarakan oleh pengelola pusat perbelanjaan, kantor-kantor (seperti bank-bank), pihak pemerintah, event organizer, atau oleh komunitas-komunitas dan pegiat inkubator UMKM.

Bahkan untuk pameran produk selama Ramadhan ini biasanya yang mengisi stand bukan hanya pelaku usaha dari Bandung. Ini memungkinan kita berkesempatan membeli produk dari daerah lain di Jawa Barat, misalnya busana muslim bordiran dari Tasikmalaya atau baju batik khas Cirebon. Kalaupun Anda ingin merambah mencari tempat belanja lain, bisa mencoba datang ke sentra kain dan busana di Cigondewah, sentra konfeksi di Soreang, atau sentra sarung tenun Majalaya dengan harga langsung dari pabriknya.