Review

Abah Moel, Kakek Jin Kura-Kura Pemeran Ayah Yuyun di Sinetron Preman Pensiun





"Kamana Bah awan Kinton-na?" (Kemana Bah awan Kinton-nya?)
"Diparkirkeun di Cicaheum!" (Diparkir di Cicaheum)
"Ari tongkat sareng batok kuyana?" (Kalau tongkat sama tempurung kura-kuranya?)
"Disimpen di Lodaya!" (Disimpan di Lodaya)

Itulah dialog ringan antara fans Preman Pensiun dengan Abah Moel saat meet and greet para pemain di Car Free Day Dago. Kakek yang berkepala pelontos dan biasa memakai kemeja ngejreng tersebut dengan santainya menjawab pertanyaan-pertanyaan dari penggemar Preman Pensiun. Waktu itu, mungkin para fans belum tahu si kakek berperan sebagai apa di Preman Pensiun. Maklum saja saat meet and greet, shooting Preman Pensiun 2 baru dimulai dan belum ditayangkan di RCTI.

Jika Anda penonton setia Preman Pensiun 2, ada sosok unik yang ikut main di sinetron ini. Adalah tokoh yang berperan sebagai ayahnya Yuyun (diperankan Cika Kartika). Dalam adegan, ketika Iwan Tyson (diperankan Maiza Fadly) berkunjung ke rumah Yuyun, tokoh ini akan tiba-tiba muncul dan "mengganggu" suasana pertemuan Iwan dengan Yuyun. Entah itu tiba-tiba menyuruh Yuyun atau berbicara pada Iwan dengan judes. Hal inilah membuat Iwan suka salah tingkah dan tentunya membuat Iwan pun hanya bisa manyun. Ada beragam cara si Abah agar sang anak yang janda bengsrat tersebut tidak didekati oleh Iwan.

Pemenang Cosplay Mirip Kakek Jin Kura-Kura
Jika dilihat dengan saksama, tokoh ayah Yuyun tersebut sangat mirip dengan salah satu karakter di komik/film kartun Dragon Ball. Dragon Ball adalah sebuah manga (komik) dan anime (film kartun) Jepang yang dikarang oleh Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995.  Pemeran ayah Yuyun tersebut mirip Kamesenin, seorang kakek hidung belang tapi memiliki kemampuan beladiri, yang akrab dengan sebutan Jin Kura-Kura. Kake tersebut menjadi Guru dari Songoku-Kuririn-Yamucha yang dikenal juga dengan Master Roshi. Di Dragon Ball, si kakek nyentrik ini hidup di sebuah rumah kecil di tengah pulau super kecil Dunia Dragon Ball.

Selain identik dengan hidung belang, Kakek Kura-Kura juga identik dengan petarung super kuat ala Dragon Ball. Keberhasilan Son Goku tak luput dari andilnya. Ia adalah guru Son Goku ketika masih kanak-kanak. Ialah yang memberi Son Goku awan Kinton dan mengajarinya pukulan Kamehame, teknik legendaris yang tingkat maksimalnya dapat menghancurkan hingga satuan planet.

Pelukis Berbahan Pelepah Pisang
Abah Moel Umboh alias Abah Ade Mulyana ini adalah cosplayer tertua dari Indonesia. Usianya lebih dari  65 tahun. Ia pernah menyabet penghargaan internasional sebagai pemenang cosplay. Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku cosplay disebut cosplayer.

Nah, Abah Moel adalah salah satu jawara dalam urusan cosplay ini. Kakek yang jago melukis berbahan pelepah pisang ini karena kemiripannya tersebut banyak diburu untuk berfoto bersama oleh para penggemar Dragon Ball. Bukan hanya itu, karya seni pelepah pisang Abah Moel karya berbahan pelepah pisang tersebut banyak dipesan hingga ke mancanegara dengan kisaran harga Rp 500.000 - Rp 150 juta. Kakek asal Cimahi ini biasa road show diundang ke beberapa event cosplay sebagai bintang tamu maupun juri, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.