Review

Beberapa Titik Jalur Rawan Kemacetan Menuju Tempat Wisata di Bandung





Bagi Anda yang ingin libur Lebaran di Bandung, siap-siap saja terjebak kemacetan. Untuk itu, diperlukan kehati-hatian dan pemilihan waktu yang tepat untuk menghindari macet. Misalnya, Anda bisa berangkat subuh hari atau mengecek kondisi real time lalu lintas di aplikasi Android. Bisa juga Anda sesekali mengecek di akun media sosial, misalnya Twitter, untuk melihat laporan jalur mana saja yang sedang macet. Anda bisa melihat di akun Twitter: @GalamediaOnline, @infobdg, atau @PRFM News.

Berikut ini beberap jalur lalu lintas yang terkenal sebagai biang kemacetan di Bandung saat musim libur Lebaran.

1. Kawasan Jalan Setia Budhi (Ledeng)
Pada masa liburan Lebaran 2015. arus lalu lintas sepanjang Jalan Setiabudi Simpang Cipaganti, Bandung keatas diperkirakan akan mengalami kemacetan. Kemacetan tersebut terjadi akibat para pengguna jalan akan berwisata ke daerah Lembang, Tangkuban Perahu dan tempat wisata sejenisnya. Untuk itu pihak kepolisian terus berjaga, dan akan mencoba mengurai kemacetan ke jalan-jalan alternatif.

2. Kawasan Jalan Menuju Ciwidey
Jalur menuju lokasi wisata di kawasan Ciwidey dan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat biasa macet parah hingga puluhan kilometer. Kepadatan arus lalu lintas biasa terjadi dari pagi hingga siang. Tersendatnya arus lalu lintas disebabkan banyaknya kendaraan yang menuju tempat wisata. Arus lalu lintas dari kedua arah tak mampu menampung jumlah kendaraan.

Meski jalan sudah diperlebar 1 meter, hal itu tidak berdampak signifikan. Itu lantaran jumlah wisatawan yang datang ke sana makin banyak setiap tahunnya. Tempat wisata di sana di antaranya Kawah Putih, Situ Patengan pemandian air panaa Cimanggu dan Walini, Rancaupas, hingga strawberry petik sendiri.

3. Gerbang Tol Pasteur
Kepadatan tol Cipularang arah masuk Bandung tepatnya di Gerbang Tol Pasteur sudah terlihat padat saat Lebaran H+2. Kendaraan di gerbang tol ini terbilang padat merayap. Jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Bandung dari GT Pasteur terbilang ramai, umumnya pengguna kendaraan dari Jakarta. Kendaraan di gerbang tol ini selalu padat disaat musim liburan.

4. Kawasan Punclut dan Lembang
Jalan alternatif ke Lembang ini pada musim libur Lebaran terkena imbas kemacetan. Banyak wisatawan yang mengambil rute ini sekalian wisata kuliner dan melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian. Jalan yang berkelok dan menanjak menuntut setiap pengemudi untuk lebih berhati-hati. Belum lagi dengan banyanknya pengguna sepeda motor yang ikut memenuhi jalur menuju Lembang ini. Tak jarang kemacetan terjadi karena padatnya kendaraan yang melewati jalur ini juga banyak yang mogok.

Baca juga: Inilah Jalan Alternatif ke Lembang

Untuk mengetahui info terkini seputar situasi lalu lintas, lokasi banjir, dan hal lainnya
yang terjadi di seputaran Bandung, silakan pantau akun Twitter