Review

Halal Bihalal Preman Pensiun di Kampung Gajah Wonderland





Kamis, 30 Juli 2015 para pemain dan kru Preman Pensiun mengadakan acara halal bihalal di Kampung Gajah Wonderland, Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi para pemain selepas merayakan Idul Fitri 1436 H juga setelah Preman Pensiun 2 berakhir masa tayang. Sebagai besar pemain hadir dalam acara riung mungpulung keluarga besar Preman Pensiun ini. Selain itu, hadir pula tamu undangan dari Kodam III Siliwangi, Perisai Merah Putih, dan beberapa ormas lain yang ada di Bandung.

Kegiatan halal bihalal dibuka pukul 10.00 dengan dipandu oleh MC Ucup Palentin (pemeran Ubed) dan Pangeran Tyson. Sang sutradara dan penulis skenario, Kang Aris Nugraha memberikan sambutan awal. Dalam sambutannya, Kang Aris mengajak para pemain untuk selalu bersyukur atas pencapaian Preman Pensiun selama ini. Selain itu, Kang Aris juga menginformasikan bahwa Preman Pensiun akan kembali digarap untuk jilid ketiga yang direncanakan mulai syuting sekitar akhir tahun ini. Selain itu, dalam rangka ulang tahun RCTI akhir Agustus ini, Preman Pensiun pun akan turut memeriahkan dengan adanya Preman Pensiun versi FTV.

Sambutan berikutnya dari Kang Epy Kusnandar. Pemeran Kang Mus berkisah seputar pengalamannya selama ikut berperan di Preman Pensiun. 
"Saya merasa bahwa sosok Kang Mus telah menggantikan diri saya sebagai Epy Kusnandar. Inilah bentuk apresiasi masyarakat bahwa sinetron ini begitu dirasakan oleh kalang penonton. Maka, saya pun kini "merelakan" diri saya lebih dikenal dengan sebutan Kang Mus dibanding Epy Kusnandar. Namun, hal terbesar bagi saya, ini  membuktikan bahwa penonton ini telah memberikan angin kesegaran baru bagi dunia hiburan televisi. Dimana selain menjadi tontonan juga sarat edukasi nilai-nilai kemanusiaan." demikian papar Kang Epy.

Tak ketinggalan, Kang Aat Soeratin (pemeran Kang Bagja) juga memberikan sambutan. Ia menyebutkan bahwa dirinya merasa sangat beruntung telah menjadi bagian dari sinetron komedi ini. Sosok pemeran Kang Bagja ini menuturkan bahwa sosok dirinya sebagai Kang Bagja, telah mendapatkan 'warisan' dari Kang Bahar. Dimana ketiga anak-anak Kang Bahar yang yatim piatu, kini berada dalam bimbingan dirinya. Ketika Kang Aat berjumpa dengan teman-teman tokoh Sunda, ternyata sinetron ini pun diapresiasi mereka dan komentar-komentarnya sangat positif.

Bahwa sinetron ini bukan hanya sekadar menghadirkan Bandung dan hal-hal lainnya tentang kesundaan. Ada nilai lebih dalam sinetron ini, dimana falsafah dan pola hidup masyarakat Sunda bisa terwakilkan dalam tayangan karya Kang Aris ini. Sinetron ini tidak sedang menggurui pemirsa. Sinetron ini penuh renungan dan dengan tutur cerita yang sederhana namun pesan-pesan tersirat menjadi hal yang positif akan gambaran tata nilai masyarakat Sunda.

Hadirnya Kang Djanur
Kegiatan halal bihalal ini diisi juga dengan beberapa games yang pesertanya pemain, kru, serta tamu undangan. Selain itu, ada juga tokoh publik yang menghadiri kegiatan ini yakni Kang Daan 'P Project' dan Kang Djajang Nurjaman. Pelatih Persib ini sengaja datang untuk ikut bersilaturhami dengan para pemain dan kru. Menurut Kang Djanur, ia merasakan Preman Pensiun adalah keluarga baru bagi dirinya. Ia merasa bangga telah diikutkan di sinetron ini. Selain itu, ada kemungkinan Kang Djanur pun akan kembali dilibatkan untuk berakting di Preman Pensiun. Anda khususnya para Bobotoh penasaran ingin menyaksikan aksi Kang Djanur di layar kaca? Kita tunggu saja.